Pelatihan Terbaik tentang Cara Menyusun dan Membuat KPI Karyawan

Perusahaan akan berkembang menjadi lebih maju dan baik ketika perusahaan tersebut juga mampu menilai kinerja dari perusahaan tersebut. Pengukuran dan penilaian kinerja perusahaan tersebut berguna untuk mengetahui lebih detail tentang sejauh mana performa dan produktivitas dari perusahaan tersebut termasuk apakah ada kemajuan atau bahkan kemerosotan yang terjadi di perusahaan tersebut.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR Management. Yodhia telah menjadi konsultan manajemen SDM dan KPI pada lebih dari 100 klien perusahaan.

Sebelumnya, banyak perusahaan yang melakukan pengukuran ataupun penilaian kinerja dari perusahaannya hanya melalui angka yang tertulis dalam suatu laporan keuangan di mana bila laporan keuangan tersebut menunjukkan kemajuan berarti perusahaan juga mengalami kemajuan, demikian pula sebaliknya.

Namun, sebenarnya penilaian dan pengukuran kinerja perusahaan tentu tidak hanya mencakup aspek keuangan semata. Ada beberapa hal lain yang hendaknya juga menjadi bahan evaluasi untuk melihat apakah perusahaan tersebut memiliki kinerja yang bagus atau tidak.

Dengan adanya penilaian dan evaluasi tersebut, perusahaan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Dan, untuk bisa melakukan berbagai penilaian tersebut, perusahaan sangat perlu untuk mengadakan suatu Pelatihan Karyawan tentang Cara Membuat dan Menyusun KPI.

Lantas apa sebenarnya KPI tersebut? KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicators atau yang bisa diterjemahkan sebagai Indikator Kinerja Utama. Bagi pengusaha, istilah ini mungkin sudah tidak terlalu asing lagi karena konsep ini sudah mulai trend dijalankan di berbagai perusahaan dalam menilai ataupun mengukur kinerja perusahaannya. Namun demikian, tak ada salahnya bila diperjelas terlebih dahulu apa sebenarnya KPI ini.

KPI atau key performance indicators ini merupakan suatu alat ukur yang bisa digunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan ataupun kinerja yang telah dicapai dari suatu perusahaan dalam mewujudkan sasaran strategis yang telah ditargetkan ataupun ditetapkan sebelumnya.

Tentu saja, perusahaan hendaknya memberikan suatu Pelatihan Cara Menyusun KPI agar proses penyusunan KPI tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan karena dalam menyusun KPI dibutuhkan suatu indikator kinerja yang spesifik, jelas, dan terukur.

Selain itu, dalam penyusunan KPI juga hendaknya menggunakan data yang eksplisit dan rinci sehingga bisa jelas apa yang diukur.

Penyusunan KPI ini bersifat kuantitatif yang didasarkan pada beberapa faktor yang menjadi cerminan ataupun penentu dari keberhasilan suatu perusahaan.

Dan, dalam hal ini, masing-masing perusahaan tentu memiliki indikator yang berbeda yang digunakan sebagai alat ukur keberhasilan ataupun kinerja perusahaan tersebut.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR Management. Yodhia telah menjadi konsultan manajemen SDM dan KPI pada lebih dari 100 klien perusahaan.

Beberapa perusahaan menjadikan persentase pendapatan dari pelanggan perusahaan sebagai indikator dalam penentuan keberhasilan. Beberapa perusahaan lainnya bisa melihat kunci keberhasilan tersebut dari banyaknya jumlah panggilan terjawab dalam waktu tertentu seperti perusahaan layanan jasa.

Dan, bagi perusahaan yang bergerak dalam lembaga pendidikan biasanya menggunakan jumlah kelulusan anak didik sebagai bagian dari indikator penentu keberhasilan dari perusahaan tersebut. Beberapa indikator penentu tersebut hendaknya bisa ditetapkan dengan jelas sehingga dalam menyusun KPI pun akan memberikan gambaran yang jelas dan spesifik tentang bagaimana keberhasilan yang telah dicapai perusahaan tersebut.

Dalam penentuan indikator penentu kinerja dan keberhasilan perusahaan hendaknya mempertimbangkan beberapa faktor yang dikenal sebagai metode SMART yang terdiri dari scientific, measurable, achievable, reliable and time bound.

Faktor-faktor tersebut biasanya akan diulas secara detail dalam Pelatihan Cara Menyusun KPI.

Indikator dalam penyusunan KPI tersebut harus bersifat scientific yang merupakan cerminan dari tujuan dari perusahaan tersebut. penyusunan KPI ini dimulai dari penyusunan KPI pusat perusahaan yang nantinya disusun pula hingga KPI untuk masing-masing karyawan atau individu dari perusahaan tersebut. Selanjutnya, indikator tersebut hendaknya juga bersifat bisa diukur dan obyektif.

Dalam hal ini, indikator tersebut bisa menggunakan data dalam bentuk angka untuk jumlah produksi, kecelakaan kerja, ataupun data lainnya serta indikator yang bisa menunjukkan tingkat keberhasilan kinerja seperti sudah bagus, kurang bagus, bagus, dan lainnya.

Indikator selanjutnya yang perlu dipahami dalam Pelatihan Cara Menyusun KPI adalah indikator tersebut hendaknya bersifat realistis. Dalam membuat target penyusunan KPI hendaknya merupakan target yang bisa dicapai oleh semua pihak mulai dari yang terendah hingga yang tinggi.

Tentu saja, dalam hal ini hendaknya juga dipertimbangkan tentang kondisi dan situasi yang ada pada perusahaan tersebut. indikator tersebut hendaknya juga bersifat bisa diandalkan. Hal ini untuk bisa menunjukkan gambaran tentang tujuan dari target dan tujuan apa yang ingin dicapai perusahaan dan apa saja yang hendaknya dilakukan guna mencapai tujuan tersebut. Dalam penyusunan KPI hendaknya juga memperhatikan target waktu.

KPI memiliki peran yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana keberhasilan dari perusahaan serta untuk melakukan evaluasi dari apa yang ditunjukkan demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dengan melihat peran penyusunan KPI yang begitu penting untuk keberhasilan dari suatu perusahaan, menyelenggarakan Pelatihan Cara Menyusun KPI yang efektif dan benar tentu sangat dibutuhkan. Dalam pelatihan tersebut tentu tidak hanya akan dibahas tentang bagaimana menyusun KPI yang tepat dan efektif tetapi juga berbagai hal yang terkait dengan penyusunan KPI tersebut termasuk indikator apa, sumber data yang dibutuhkan bagaimana, ataupun berbagai hal lain yang terkait dengan penyusunan KPI.

Dengan melihat berbagai manfaat dengan diadakannya penyusunan KPI bagi keberhasilan perusahaan, penyelenggaraan pelatihan bagi berbagai pihak untuk bisa menyusun KPI yang tepat tentu sangat penting untuk diadakan.

Pelatihan ini hendaknya dilaksanakan secara berkala sehingga bisa mendapatkan berbagai informasi terkini tentang perkembangan strategi dalam penilaian dan pemantauan kinerja perusahaan sehingga berbagai metode dan strategi bisnis terbaru bisa tersampaikan guna memajukan perusahaan.

Dengan melakukan langkah demikian, perusahaan bisa mencapai tujuan dengan lebih baik sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR Management. Yodhia telah menjadi konsultan manajemen SDM dan KPI pada lebih dari 100 klien perusahaan.

Slide1