Cara Mempertahankan SDM Terbaik Perusahaan Anda

Ketika SDM terbaik Anda berhenti, itu bisa menjadi kerugian besar bagi perusahaan Anda. Anda tidak hanya harus mencari karyawan baru untuk menggantikannya dengan kualitas yang sama, tetapi Anda juga dapat mendorong karyawan lain untuk berhenti.

Perlu Anda ketahui bahwa retensi karyawan merupakan strategi kelangsungan bisnis yang penting. Untuk memaksimalkannya, Anda dapat menggunakan perangkat lunak manajemen sumber daya manusia. Sistem yang disediakan oleh aplikasi HRD berbasis cloud memudahkan pengelolaan kinerja karyawan.

cara pertahankan SDM

Dalam hal manajemen karyawan, ada beberapa cara untuk mempertahankan sumber daya manusia terbaik di perusahaan Anda. Dengan menerapkan sistem manajemen SDM berbasis cloud, penerapan metode ini akan lebih optimal. Singkatnya, sistem ini mengatur semua aspek yang menjadi perhatian karyawan.

Termasuk proses pengajuan cuti hingga penghitungan gaji secara akurat, adalah keunggulan sistem manajemen sumber daya manusia perusahaan yang akan Anda terima. Dengan cara ini, Anda juga dapat berusaha agar sumber daya manusia terbaik tetap bekerja di perusahaan Anda.

Berikut adalah 5 strategi efektif yang dapat Anda terapkan untuk mempertahankan sumber daya manusia terbaik.

1. Lingkungan kerja menyenangkan yang membuat SDM terbaik betah

Lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang menentukan nyaman tidaknya karyawan bekerja di perusahaan Anda. Lingkungan kerja yang penuh tekanan dan tekanan dapat mempengaruhi kesehatan mental karyawan Anda sehingga mereka tidak dapat lagi menikmati pekerjaannya.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat memastikan bahwa karyawan Anda nyaman bekerja di mana pun Anda berada. Manajer SDM dapat memberi Anda saran untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, tetapi Anda juga dapat belajar dari perusahaan lain dengan perputaran karyawan yang rendah untuk memaksimalkan kenyamanan karyawan Anda saat bekerja.

2. Komunikasi yang transparan

Komunikasi yang tidak transparan dapat mengganggu karyawan untuk bekerja di tempat Anda. Karyawan Anda memiliki hak untuk mengetahui situasi keuangan perusahaan, kemajuan yang dicapai perusahaan, dan hal-hal yang direncanakan oleh perusahaan Anda. Karyawan Anda juga harus mengetahui kinerja mereka, sehingga penting bagi manajemen untuk mengevaluasi kinerja mereka.

Karyawan yang tidak menyadari perkembangan pribadinya cenderung memiliki harga diri yang lebih rendah dan memiliki ketakutan yang lebih besar akan pemutusan hubungan kerja. Demikian juga, Anda harus dapat mengizinkan karyawan Anda untuk memberikan umpan balik yang jujur ‚Äč‚Äčkepada perusahaan Anda. Ini akan memudahkan Anda menemukan area untuk perbaikan dan peningkatan di perusahaan Anda.

3. Peluang pengembangan sumber daya manusia terbaik

Meskipun tidak semua orang dapat naik ke level yang lebih baru dan lebih tinggi di dalam perusahaan, upaya ini harus dilanjutkan. Stabilitas sumber daya manusia di tempat kerja akan lebih terjaga jika perusahaan dapat mempromosikan karyawan yang ada daripada mempekerjakan karyawan baru untuk mengisi posisi puncak. Dengan promosi karyawan, maka karyawan akan merasa memiliki tanggung jawab lebih sehingga karyawan akan berusaha meningkatkan kinerjanya dan berkembang dengan cepat.

Ketika karyawan merasa bahwa mereka tidak dapat mengembangkan diri dalam satu perusahaan, mereka akan mencari perusahaan yang memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk berkembang. Agar sumber daya manusia terbaik Anda tidak berpindah ke perusahaan pesaing, pastikan perusahaan Anda dapat membantu mereka untuk terus berkembang dengan pelatihan, tanggung jawab baru, dan tantangan yang berbeda.

4. Dukungan fasilitas kantor

Fasilitas pendukung sangat penting bagi perusahaan, karena fasilitas akan membuat sumber daya manusia terbaik Anda lebih bersemangat dalam bekerja. Berikut adalah beberapa poin yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan:

  • Pastikan koneksi internet di kantor Anda berfungsi dengan baik sehingga membantu mempercepat pekerjaan karyawan Anda
  • Gunakan perangkat lunak yang dapat membantu merampingkan kegiatan operasional dan dengan demikian meningkatkan produktivitas karyawan
  • Sediakan ruangan atau area untuk karyawan beristirahat
  • Menyediakan furniture seperti meja dan kursi yang nyaman bagi karyawan
  • Memudahkan pekerjaan karyawan dengan perangkat seperti laptop yang mendukung mereka untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik

5. Gaji yang kompetitif dan insentif untuk menciptakan sumber daya manusia yang terbaik

Gaji merupakan salah satu motivator terbesar bagi karyawan untuk bekerja di suatu perusahaan. Survei yang dilakukan oleh Glassdoor, salah satu situs lowongan kerja terbesar di dunia, menunjukkan bahwa 45 persen karyawan memutuskan pindah ke perusahaan lain demi mendapatkan gaji yang lebih baik daripada yang mereka terima di perusahaan lama.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus menaikkan gaji karyawan Anda sebanyak mungkin untuk mempertahankan mereka, tetapi Anda perlu memastikan bahwa gaji dan insentif yang Anda tawarkan kompetitif dan sepadan dengan kontribusi yang mereka berikan kepada perusahaan Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan reward ketika karyawan Anda mencapai atau melampaui target tertentu.

Pastikan manajer SDM Anda selalu dapat mengelola dan mendistribusikan gaji karyawan Anda secara tepat waktu. Pertimbangkan untuk menerapkan sistem penggajian dan manajemen SDM untuk meningkatkan penggajian dan manajemen karyawan di perusahaan Anda.

Karakteristik karyawan yang dipertahankan oleh perusahaan

Ada banyak hal yang harus dilakukan HR mulai dari merekrut karyawan. Perusahaan harus memberikan ruang bagi karyawan untuk mengekspresikan diri. Bagian pengembangan sumber daya manusia sering melakukan kesalahan yaitu selalu menyamakan persepsi tentang sumber daya manusia dengan karyawan dan tidak memberikan kesempatan untuk komunikasi dua arah. Perusahaan harus membangun hubungan yang baik dan harmonis dengan karyawan. Transparansi karyawan juga penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perusahaan. Berikut adalah beberapa karakteristik karyawan yang dipertahankan perusahaan:

  1. Memulai sesuatu yang baru agar tidak monoton.
  2. Memenuhi kebutuhan perusahaan.
  3. Memberikan performa yang memuaskan.
  4. Mengutamakan lingkungan kerja yang kondusif
  5. Bekerja dengan teknologi terkini.

Gratis Katalog KPI Semua Departemen + Summary 20 Buku Bisnis Terbaik Dunia. Download Gratis Sekarang.