Cara Mengembangkan Kompetensi SDM dan Karyawan

Tahukah kalian bahwa selama ini perusahaan tempat kalian bekerja melakukan banyak kegiatan sebagai cara meningkatkan kompetensi SDM yang mereka miliki? Hal ini karena teknologi, kompetisi, dan banyak hal lainnya yang terus berkembang setiap tahun. Jadi demi kelangsungan perusahaan, mereka harus meningkatkan SDM yang mereka miliki.

Perlu diketahui bahwa peningkatan kompetensi SDM bukan hanya tentang satu atau beberapa individu. Semua karyawan, termasuk jajaran petinggi perusahaan bertanggung jawab untuk memberikan usaha terbaik mereka bagi perusahaan.

Pentingnya mengetahui cara meningkatkan kompetensi SDM

Setelah mengetahui bahwa kewajiban untuk meningkatkan kompetensi adalah tanggung jawab bersama. Kalian perlu tahu beberapa alasan bagi perusahaan untuk terus berupaya agar SDM mereka terus naik.

Alasan utama adalah untuk memperbaiki kinerja perusahaan secara keseluruhan. Seperti yang kalian pahami sebelumnya bahwa perusahaan tidak bisa menghindari perubahan yang ada.

Alasan berikutnya adalah untuk mengurangi tingkat turnover. Orang awam seringkali mengira bahwa perusahaan yang sering membuka kesempatan untuk karyawan baru sebagai perusahaan yang buruk. Yang perlu kalian tahu adalah perusahaan melakukan itu untuk meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

Beberapa cara meningkatkan kompetensi SDM

Pelatihan Formal dan non-formal

Ada begitu banyak pelatihan yang bisa kalian ikuti. Umumnya, perusahaan akan memberikan kesempatan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kesempatan ini seringkali diberikan kepada karyawan yang menunjukkan bakat dan minat di bidang tertentu, tapi masih kurang dalam gear pendidikan formal yang dimiliki. Tentu saja, diharapakan nantinya karyawan tersebut akan mampu memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan.

Tapi jika perusahaan tempat kalian bekerja tidak menawarkan kesempatan tersebut secara terbuka, kalian bisa menabung untuk mengambil kelas di Universitas Terbuka atau sekolah dengan waktu

Pelatihan non-formal yang bisa kalian ikuti juga ada cukup banyak. Saat ini sudah banyak webinar dan kelas daring yang bisa kalian ikuti. Beberapa diantaranya bahkan diadakan secara cuma-cuma. Tentu saja, kalian harus pintar memilah topik kelas yang akan diikuti dan menyesuaikannya dengan rencana masa depan kalian.

Jika kalian ingin fokus di perusahaan, maka kalian harus memilih topik kelas yang bisa membantu dalam pekerjaan kalian. Seperti misalnya akunting, pembukuan, atau bahkan programming. Kalian juga bisa mengambil kelas lain seperti meditasi, pertolongan pertama, dan berbagai keahlian lainnya yang bisa mendorong kemampuan kalian. Semua hal bisa kalian pelajari selama kalian mau berusaha.

Outbond kantor

Outbond kantor memiliki beberapa fungsi. Selain sebagai kesempatan untuk beristirahat sambil membina hubungan antar karyawan, outbond juga seringkali difungsikan sebagai salah satu cara meningkatkan kompetensi SDM.

Seringkali outbond diadakan di ruang terbuka dan diisi dengan berbagai materi tentang pengenalan diri dan kerjasama. Penyelenggaranya pun seringkali bekerjasama dengan pihak militer yang memang dikenal kuat dalam kerjasama.

Terkadang, perusahaan mengadakan kegiatan bersama yang lain, dan outbond menjadi kewenangan tiap divisi. Baik liburan ataupun outbond tetap merupakan usaha perusahaan untuk meningkatkan SDM yang dimiliki.

Situasi kerja yang lebih kondusif

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi situasi kerja. Salah satu faktor yang sering menjadi pengaruh buruk adalah budaya senioritas, dimana seringkali karyawan baru merasa tidak mendapatkan kesempatan yang sama dengan rekan kerja yang sudah lebih lama berada di perusahaan.

Walau demikian, ada banyak cara untuk mengubah faktor negative tersebut menjadi lebih positif. Kalian bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan rekan kerja ketika makan siang

Situasi kerja yang kondusif dapat meningkatkan mutu perkerjaan. Hal ini karena hubungan baik yang tercipta antar rekan kerja dapat memotivasi satu sama lain. Persaingan sehat antar rekan kerja dapat membantu perusahaan secara umum.

Kalian bisa mulai perubahan dari diri kalian sendiri. Cara meningkatkan kompetensi SDM yang paling mudah adalah menjaga meja kerja bersih dan rapi. Ada banyak riset yang menyebutkan bahwa keadaan meja bisa menunjukkan keadaan diri. Meja kerja yang rapi juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Kalian akan lebih terdorong untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, atasan dan rekan kerja juga akan lebih percaya kepada kemampuan kalian karena meja yang lebih rapi.

Ada penghargaan

Konsep reward bisa diaplikasikan sebagai cara meningkatkan kompetensi SDM. Hal ini bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk. Contoh yang paling umum adalah dengan kenaikan gaji sesuai dengan produktivitas. Begitu pula dengan promosi ke posisi jabatan yang lebih tinggi.

Akan tetapi, kenaikan gaji bukan satu-satunya penghargaan yang bisa diberikan oleh perusahaan. Terkadang perusahaan memberikan bonus dan libur tambahan sebagai bentuk apresiasi. Tidak jarang, atasan langsung memberikan makan siang gratis atau barang sebagai penghargaan.

Satu pola pikir yang perlu dirubah adalah bekerja untuk mendapatkan penghargaan. Sebaliknya, kalian harus bekerja untuk terus mengembangkan potensi diri.

Melakukan rekrutmen berkala

Tidak bisa dipungkiri bahwa cara ini adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatan SDM secara keseluruhan. Rekrutmen secara  berkala akan membuat banyak peminat baru dengan kompetensi yang lebih tinggi untuk berusaha masuk ke perusahaan.

Sementara para karyawan yang sudah bekerja akan terpacu untuk berkompetisi secara sehat dengan para rekrutmen baru. Persaingan sehat akan mendorong perusahaan untuk terus berkembang seterusnya.

Perusahaan sudah melakukan banyak cara meningkatkan kompetensi SDM. Sekarang tugas kalian untuk memahami apa saja yang bisa kalian lakukan. Manfaatkan semua kesempatan yang ada. Jangan menunggu kesempatan untuk datang, tapi cari dan segera manfaatkan waktu untuk meningkatkan kompetensi.

Gratis Katalog KPI Semua Departemen + Summary 20 Buku Bisnis Terbaik Dunia. Download Gratis Sekarang.