Pertimbangan Penting untuk Memilih Lembaga Pelatihan KPI Key Performance Indicators

Sebuah perusahaan yang baik pasti akan peduli mengenai apa saja yang dibutuhkan karyawannya agar bisa terus berkembang baik dalam bidang soft skill maupun hard skill yang akan sangat baik dalam implementasi di dunia kerjanya nanti.

Dengan adanya pelatihan seperti dalam pembuatan KPI atau key performance indicators yang akan dibuat untuk setiap bidang pekerjaan dalam sebuah perusahaan maka diharapkan setiap karyawan yang ada bisa memaksimalkan kemampuanya untuk bisa bekerja dengan baik sehingga hasil akhirnya akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan itu sendiri seperti menurunnya tingkat complain konsumen terhadap pelayanan, profit yang meningkat tajam, keuangan perusahaan yang bertambah sehat, dll.

Hal itu tentu saja tidak akan bisa dicapai dengan cara dan waktu yang instant karena memang dalam mencapai sebuah hasil perlu waktu dan proses yang panjang.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR.

Dalam hal ini diperlukan kerjasama yang baik antar karyawan dan setiap bagian agar bisa bersinergi dengan baik untuk memajukan perusahannya bersama.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali lembaga pelatihan yang menyediakan jasa pelatihan untuk KPI dengan berbagai metode, materi dan pengajar. Hampir setiap lembaga pelatihan pasti menyebut mereka adalah yang terbaik namun sebagai konsumen tentunya anda yang berhak untuk menilai. Mengingat biaya pelatihan tidaklah murah maka dari itu anda harus mencari yang terbaik untuk perusahaan yang sesuai dengan visi misi yang sudah ada.

Berikut adalah beberapa hal yang sangat penting yang sebaiknya ada jika anda ingin mengikuti pelatihan untuk KPI di sebuah lembaga. Tanpa adanya hal-hal dibawah ini maka bisa kita katakana bahwa pelatihan mungkin akan kurang maksimal.

Untuk itu ada baiknya jika anda boleh bertanya dengan lembaga tersebut sebelum memutuskan akan menggunakan jasanya untuk perusahaan anda.

• Materi adalah hal yang paling penting dalam sebuah pelatihan KPI. Untuk itu pastikan jika anda mendapatkan materi yang anda butuhkan sampai ke bagian yang cukup mendetail seperti praktek langsung bagaimana cara membuat KPI untuk bidang pekerjaan yang anda ampu. Dengan adanya sesi praktek secara langsung maka anda juga akan lebih memahami saat anda akan terjun langsung nantinya termasuk jika anda harus membantu bagian lainnya dalam membuat KPI ini.

• Biasanya yang bertugas membuat KPI adalah atasan atau pemimpin setiap bagian tersebut karena dia yang akan langsung terhubung dengan jajaran atas divisi setiap perusahaan. Sehingga pemimpin tersebut bisa langsung menyampaikan kepada bawahannya bagaimana dan apa saja target yang harus dicapai agar hasilnya maksimal sesuai harapan.

Berikut yang sebaiknya anda perhatikan saat akan memutuskan menggunakan lembaga pelatihan KPI mengenai detail materi yang akan diberikan nantinya :
• Konsep KPI
• Jenis KPI yaitu : KPI berdasarkan proses & KPI berdasarkan hasil
• Metode membuat KPI secara tepat untuk setiap bagian / jabatan / posisi di perusahaan
• Rumusan KPI & Cara penghitungan KPI
• Monitoring KPI & Pengendalian dalam pencapaian KPI

Karena pelatihan key performance indicator ( KPI ) ini bertujuan untuk mengetahui cara terbaik agar kinerja setiap karyawan di perusahaan bisa dikelola dengan cara yang paling efektif maka ini adalah sebuah pelatihan yang cukup penting.

Nantinya, hasil pekerjaan setiap karyawan akan diukur dan untuk itu setiap bagian perlu membuat indicator apa saja yang diperlukan.

Indikator yang sudah dibuat nantinya harus bisa diterapkan dalam dunia kerja di setiap bagian di perusahaan tersebut sehingga mendorong agar perusahaan bisa berkembang dengan maksimal dengan income yang signifikan untuk jangka panjangnya.

Bisa kita katakan bahwa kebutuhan perusahaan dalam pelatihan ini adalah sudah sangat urgent karena itu banyak perusahaan yang sudah mulai mewajibkan karyawannya untuk mengikuti pelatihan KPI ini.

Sebenarnya tujuan akhir dari adanya pelatihan KPI ini agar bisnis dalam sebuah perusahaan grafiknya bisa terus naik dan terus melesat bukannya malah turun. Keberhasilannya sendiri baru akan terlihat jika grafik bisnis atau income terus naik. Jika malah turun berarti ada kesalahan yang terlewatkan. Dalam menaikkan kinerja perusahaan maka harus dimulai dalam setiap bagian mulai dari jajaran karyawan paling bawah, lalu masuk ke bagian department atau divisi lalu kemudian dalam skala besar perusahaan itu sendiri.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR.

Setiap bagian yang ada dalam sebuah perusahaan wajib menjalankan kewajibannya dengan baik karena akan mempengaruhi penilaian nantinya.

Yang akan peserta dapatkan setelah selesai mengikuti pelatihan ini harapannya adalah menjadi paham mengenai apa saja konsep KPI yang sebenarnya, cara penyusunan peta dalam strategi KPI, membuat identifikasi strategi dalam setiap jajaran bagian perusahaan, lalu sampai dengan tahapan monitoring dan evaluasi hasil akhirnya.

Peserta nantinya juga akan belajar mengenai balance score sehingga mampu membuat implementasi strategi dalam KPI agar bisa berjalan dengan seimbang untuk semua bagiannya.

Evaluasi juga akan diberikan kepada setiap karyawan sehingga mereka bisa bekerja dengan terukur dan tidak hanya asal bekerja saja. Dengan demikian bagi mereka yang ternyata hasil pekerjaannya ternyata di bawah standard maka perusahaan bisa memberikan punishment sesuai dengan yang sudah menjadi sepakat.

Sebagai informasi tambahan, siapa saja berhak mengikuti pelatihan ini dan tidak hanya terbatas pada mereka yang bekerja pada posisi tertentu atau bagian tertentu saja.

Untuk metode terbaik dalam pelatihan KPI ini biasanya mencakup antara ceramah klasikal, forum diskusi, kemudian praktek pembuatan KPI secara langsung baik secara individu maupun dengan berkelompok. Karena memang bagian paling penting adalah praktek itu sendiri untuk melihat apakah peserta mampu menyerap ilmu yang telah diajarkan dengan baik.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR.

Slide1