Merencanakan Program Pengembangan SDM demi Peningkatan Kinerja Bisnis

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk membentuk dan menghasilkan manusia berkualitas yang memiliki kecakapan, kemampuan dan loyalitas dalam melaksanakan pekerjaannya di sebuah organisasi maupun perusahaan.

Pengembangan SDM sangat perlu untuk dilakukan mengingat di era teknologi saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang saling bersaing untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas. Salah satu aspek yang dapat menunjang proses pengembangan SDM ini adalah aspek pendidikan.

Seseorang dengan tingkat pendidikan yang rendah pada umumnya memiliki kecakapan dan kemampuan yang rendah pula. Hal tersebutlah yang banyak membuat perusahaan-perusahaan besar lebih memilih tenaga kerja yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.

Pengembangan SDM merupakan hal harus terus dilakukan untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap menghadapi banyaknya tuntutan-tuntutan tugas di masa sekarang maupun di masa depan. Pengembangan SDM juga mampu meningkatkan produktivitas tenaga kerja, karena dengan mengikuti pengembangan SDM tersebut mereka akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang sangat bermanfaat bagi mereka dalam bekerja. Selain itu tenaga kerja yang mengikuti pengembangan SDM akan memiliki fleksibilitas yang tinggi, dimana dengan semakin banyaknya keterampilan dan kemampuan yang mereka kuasai mereka akan mudah menyesuaikan diri di organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja.

Pengembangan SDM juga mampu memotivasi para tenaga kerja untuk selalu giat dalam melakukan berbagai jenis pekerjaan. Melaui kegiatan ini, para tenaga kerja diarahkan untuk memiliki cara pandang yang baik mengenai organisasi dan dapat membantu dalam proses pembentukan SDM yang berkomitmen dan bertanggung jawab. Dengan begitu mereka bisa ikut berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan yang telah ditetapkan berdasarkan key performance indicator atau kunci indikator kerja.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Untuk mencetak manusia-manusia yang berkualitas tentu dibutuhkan strategi khusus yang dapat mendukung usaha tersebut. Strategi pengembangan SDM tersebut bisa dilakukan dengan mengadakan berbagai macam pelatihan dan pembinaan secara formal terhadap SDA yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kerja yang berhubungan dengan karier.

Selain itu perlu juga dilakukan sebuah perubahan dan pembaharuan pada sistem yang sudah ada untuk meminimalisir hambatan-hambatan yang tidak terprediksi. Untuk menghasilkan SDM yang berkualitas memang diperlukan upaya-upaya ekstra dan keseriusan pihak-pihak terkait mengingat SDM tersebut disiapkan untuk membantu organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya sehingga tujuan organisasi atau perusahaan tersebut bisa tercapai.

Strategi pengembangan SDM tersebut dapat berjalan dengan baik apabila disertai dengan pembuatan program pengembangan SDM yang direncanakan dengan baik dan matang. Perencanaan program pengembangan yang baik dan matang tersebut diharapkan mampu membantu tercapainya tujuan dalam menghasilkan manusia-manusia berkualitas dan berkapasitas. Perencanaan program pengembangan SDM tersebut memiliki beberapa tujuan, yaitu:

1. Menentukan kualitas dan kuantitas tenaga kerja
2. Menjamin ketersediaan tenaga kerja di masa sekarang maupun di masa yang akan datang
3. Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan tugas-tugas
4. Memudahkan proses koordinasi untuk meningkatakan kinerja secara optimal
5. Menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan tanaga kerja
6. Menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas-tugas yang menyangkut ketenagakerjaan
7. Menjadi pedoman dalam menentukan program perekrutan, penyeleksian, dan kedisiplinan tenaga kerja
8. Menjadi landasan dalam pelaksanaan penilaian tenaga kerja.

Lalu bagaimanakah cara membuat program pengembangan SDM yang terencana dengan baik? Berikut cara membuat program pengembangan SDM dengan perencanaan yang baik dan matang:

1. Menentukan dan Mengembangkan Sasaran, Tujuan, dan Prioritas SDM yang Diperlukan
Menentukan dan mengembangkan sasaran, tujuan dan prioritas SDM merupakan langkah awal dalam pembuatan program pengembanggan SDM. Sebagai contoh, sasaran SDM yang kini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan adalah SDM yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan standard kompetensi karyawan. Selain itu penentuan lokasi sasaran SDM juga harus dilakukan pada tempat yang berbeda-beda pula, hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kualitas-kualitas SDM dari berbagai macam daerah sehingga kemampuan dan keterampilan SDM yang dihasilkan pun lebih bervariasi.

2. Merancang Kebijakan yang Dapat Mendukung Terlaksananya Program
Untuk mencapai sasaran SDM yang diinginkan perlu dibuat beberapa kebijakan yang mendukung sosialisasi program hingga terlaksananya program pengembangan SDM tersebut.

3. Melakukan Proyeksi Terhadap Ketersediaan SDM
Proyeksi Ketersediaan SDM merupakan perkiraan jumlah karyawan yang dibutuhkan dan mempertimbangkan kebutuhan tenaga kerja di masa yang akan datang.

4. Mengadakan Pelatihan Keterampilan
Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi keterampilan yang dimiliki oleh tenaga kerja atau SDM. Hal tersebut dapat membantu untuk mengetahui karier yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh mereka.

5. Melakukan Evaluasi Program.
Apabila langkah-langkah pembuatan program pengembangan SDM di atas sudah dilaksanakan, maka perlu dilakukannya evaluasi terlebih dahulu. Tahapan evaluasi ini merujuk kepada tahapan-tahapan yang telah dibuat sebelumnya. Tahapan ini untuk berfungsi untuk memperkirakan apakah program yang telah direncanakan akan berhasil atau masih memerlukan revisi atau perbaikan. menyempurnakan program-program pengembangan SDM berikutnya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Cara membuat program pengembangan SDM di atas bisa dilakukan untuk program pengembangan SDM jangka waktu pendek maupun program pengembangan SDM jangka panjang. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa SDM merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. SDM yang berkualitas akan membantu dalam pengelolaan organisasi atau perusahaan sehingga organisasi dan perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. SDM berkualitas yang berkualitas juga dapat melakukan berbagai macam tugas yang menyangkut kemajuan perusahaan meliputi bidang perencanaan dan operasional.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.