Mempersiapkan Masa Depan dengan BPJS Ketenagakerjaan

Banyak pemula yang kini bekerja di perusahaan dan menjadi karyawan di sana tidak paham dengan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka hanya menyadari jika BPJS ini selalu menjadi potongan yang mengurangi gajinya.

Jika Anda adalah salah satu diantara yang belum paham mengenai BPJS ini maka sebaiknya Anda mengenalnya dengan baik karena potongan dari gaji Anda tersebut banyak manfaatnya dan akan terasa di masa mendatang.

BPJS ada dua macam, kesehatan dan ketenagakerjaan. Keduanya merupakan hal yang berbeda, jika BPJS Kesehatan soal pelayanan dan fasilitas medis maka BPJS Ketenagakerjaan ini meliputi lebih banyak hal lagi. Mudahnya, Anda mungkin tahu apa itu Jamsostek atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja, BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan nama baru dari program tersebut setelah BPJS lahir.

BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan BPJS Kesehatan yang juga bisa dimiliki oleh warga negara Indonesia yang tidak memiliki pekerjaan. BPJS ini diwajibkan bagi semua pekerja saja, baik itu yang sector atau bidang pekerjaannya formal maupun bukan.

Jumlah iurannya pun sudah ditentukan, artinya tidak akan sulit bagi Anda menghitung berapa potongan yang akan dilakukan pada penghasilan per bulan tersebut.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Proses pendaftaran pun mudah karena perusahaan Anda lah yang akan melakukannya. Anda hanya terima jadi saja, sudah terdaftar sebagai peserta dan iuran otomatis akan terpotong setiap bulannya. Apabila perusahaan Anda tidak memberitahukan mengenai BPJS Ketenagakerjaan ini atau tidak mau mengurus pendaftaran, padahal itu merupakan kewajibannya maka Anda bisa langsung melaporkannya.

Datang langsung ke Disnaket atau kantor BPJS Ketenagakerjaannya, karena setiap wilayah kini sudah ada. Hal ini juga harap diperhatikan jika Anda bekerja pada sector pekerjaan yang non formal. Pendaftaran dilakukan secara mandiri demikian juga dengan pembayarannya. Anda tinggal minta saja perhitungannya dengan perhitungan gajinya disesuaikan dengan UMP.

Walaupun dalam konteksnya BPJS ini untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, Anda yang WNA pun tetap bisa mendapatkan perlindungan dari BPJS tersebut asalkan Anda setidaknya sudah enam bulan bekerja di sini. Bentuk perlindungan yang akan didapatkan juga sama yaitu dalam menjamin masa depan.

Anda juga pasti mengetahui jika masalah social dan ekonomi memiliki banyak resiko dan sifatnya tidak pasti. Hal-hal tersebutlah yang harus bisa Anda jaga sejak dini.

Seperti yang dijelaskan admin Pelatihan SDM sebelumnya, bahwa jaminan ini bukan hanya ketika Anda sakit saja. Anda juga akan mendapatkan perlindungan ketika mendapatkan kecelakaan kerja, pensiun, hingga kematian. Ketika resiko-resiko yang datangnya kerap tidak terduga tersebut terjadi, maka beban Anda sedikit lebih ringan dengan keikutsertaan Anda pada BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Resiko perlindungan berupa Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian ini pun merupakan program yang ada di dalam program BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Jaminan masa depan di hari tua Anda sejak dini bisa Anda kumpulkan melalui BPJS. Dimana, biaya iurannya 3,7%nya ditanggung oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Ketika Anda memasuki usia 55 tahun, artinya Anda sudah pensiun maka Anda bisa mengklaim dana asuransi ini.

Jumlah yang akan Anda dapatkan pun bisa jadi lebih besar karena dana Anda oleh BPJS Ketenagakerjaan tersebut juga diinvestasikan. Sehingga, ada keuntungan yang akan Anda dapatkan di dalamnya. Klaim ini pun berlaku untuk peserta yang cacat permanen atau meninggal.

Untuk jaminan kecelakaan kerja, asuransi ini berlaku ketika kecelakaan yang Anda alami terjadi di waktu Anda berangkat sampai pulang kerja saat kembali pulang ke rumah. Namun, tetap berlaku juga jika Anda memiliki penyakit yang penyebabnya berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Biaya iurannya tidak lebih dari 1,74%, tergantung jenis usahanya dan ini sepenuhnya perusahaan yang menanggungnya.

Lain halnya dengan jaminan kematian yang sifatnya santunan. Namun, dalam santunannya ada santunan berkala yang akan diterima oleh ahli warisnya. Jaminan ini pun merupakan jaminan kematian yang bukan karena kecelakaan.