Materi Pelatihan yang Bagus tentang Creative Problem Solving and Decision Making

Saat ini, Pelatihan Creative Problem Solving Skills memiliki banyak peran untuk mencapai keberhasilan tujuan perusahaan.

Banyak pemimpin suatu perusahaan yang memiliki berbagai masalah dalam memajukan perusahaannya karena mereka kurang memiliki kreatifitas dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di perusahaan tersebut mulai dari masalah individu karyawan, permasalahan yang timbul antar karyawan, ataupun berbagai permasalahan lainnya.

Untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan secara kreatif tentu juga bukan hal yang bisa datang begitu saja. Hal ini membutuhkan suatu pelatihan yang bisa membantu mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya dalam memecahkan permasalahan yang ada.

Pelatihan Karyawan tentang Creative Problem Solving Skills bisa memberikan beberapa hal penting untuk memecahkan permasalahan.

Bila sebelumnya seseorang mengambil keputusan dengan terburu-buru ketika menghadapi suatu masalah, adanya pelatihan tersebut bisa lebih mengasah kemampuan atau skill mereka untuk menyikapi permasalahan dengan lebih berhati-hati untuk mengenali dan mengidentifikasi berbagai tahapan yang sesuai sebagai proses pemecahan masalah.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Selain itu, adanya pelatihan tersebut juga bisa membantu membuat suatu kerangka kerja yang lebih tersusun rapi dalam penyelesaian masalah yang lebih kompleks dan panjang.

Sebelum mendalami lebih jauh tentang berbagai manfaat dan keuntungan adanya Pelatihan Creative Problem Solving Skills, kita bisa mengkaji tentang apa sebenarnya Creative Problem Solving itu sendiri.

Pemecahan masalah secara kreatif ini merupakan salah satu pendapat psikologi modern yang terdiri dari beberapa rincian hal berikut ini:

  • Pertama:  Ketika menghadapi suatu permasalahan, seseorang hendaknya harus bisa mengurai terlebih dahulu masalah apa yang sebenarnya ia hadapi.
  • Kedua: Ia bisa mulai membuat daftar beberapa alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang telah diurai sebelumnya.

Dalam menyusun daftar cara penyelesaian atau solusi permasalahan, ia haruslah bisa memastikan bahwa tiap permasalahan yang dihadapi harus sesuai dengan rangkaian hubungan di antara masalah yang ada serta menemukan kerangka logis yang terkait dengan sebab dan akibat dari permasalahan tersebut. adanya pembuatan rangka tersebut bisa memudahkan dalam pemecahan masalah secara kreatif.

Dan, untuk bisa terbiasa dalam menjalankan kerangka logis tentu dibutuhkan suatu kebiasaan untuk berfikir secara logis. Hal ini perlu adanya latihan secara terus menerus dan menjadikannya sebuah kebiasaan berfikir logis dalam pemecahan masalah.

Pelatihan Creative Problem Solving Skills ini sangat penting untuk diadakan bagi pemimpin suatu divisi ataupun departemen di perusahaan sehingga para atasan tersebut bisa memecahkan permasalahan secara kreatif dan nantinya bisa mengambil keputusan yang dilakukan secara sistematis. Pelatihan tersebut bertujuan untuk membantu peserta pelatihan agar bisa merumuskan berbagai masalah secara sistematis dan spesifik.

Selain itu, peserta pelatihan juga bisa mengidentifikasi sebab dan akibat permasalahan dan memilah informasi yang terkait dan benar. Peserta pelatihan diharapkan juga bisa membuat beberapa alternatif solusi dan pemecahan masalah.

Kemampuan untuk bisa menyelesaikan masalah secara kreatif ini bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Dalam mengembangkan perusahaan agar bisa menjadi lebih besar tentu dibutuhkan SDM yang handal dan berkualitas.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa banyak masalah dan konflik muncul di kalangan karyawan yang bila tidak bisa diselesaikan secara kreatif dan logis, ini bisa membawa pengaruh buruk pada produktivitas karyawan dan perusahaan secara umum pastinya. Dan, karena kemampuan untuk bisa berpikir logis dan kreatif tersebut bukanlah hal bawaan lahir tentu perlu diasah termasuk dengan mengikuti pelatihan untuk mengembangkan kemampuan tersebut.

Pemimpin divisi ataupun departemen di perusahaan seperti halnya pengemudi mobil yang akan membawa ke mana mobil tersebut.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Ketika pengemudi tersebut tidak bisa mengemudikan mobil dengan baik maka sangat dimungkinkan mobil tersebut akan mengalami berbagai permasalahan bahkan hancur.

Banyak kejadian di berbagai perusahaan, para atasan ataupun pimpinan suatu divisi mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi tidak menggunakan suatu pemikiran yang logis dan kreatif namun cenderung terburu-buru.

Hal ini tentu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Untuk bisa memecahkan masalah terkait dengan karyawan bawahan ataupun masalah lainnya dalam pengembangan perusahaan tersebut, mereka hendaknya bisa melakukan identifikasi terhadap masalah tersebut secara sistematis dan spesifik. Selain itu, mereka juga membutuhkan informasi yang relevan dan akurat. Hal ini sangat penting guna bisa mengambil keputusan yang tepat, cepat, dan logis.

Seorang pemimpin hendaknya bisa memiliki kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan, mengambil keputusan, serta mampu memberikan arahan kepada bawahannya secara jelas.

Tentu saja untuk bisa melakukan semua itu dibutuhkan suatu kemampuan dan kreatifitas yang tinggi.

Pemimpin yang baik membutuhkan cara berkomunikasi dan berpikir dengan baik sehingga ketika ada suatu permasalahan, pemimpin bisa memecahkan masalah dengan logis dan kreatif termasuk dalam mengambil keputusan berkualitas yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan semua lapisan di departemen dan manajemen yang dinaunginya.

Karena suatu kemampuan untuk berpikir logis dan kreatif membutuhkan banyak latihan dan dilakukan secara terus menerus, maka mengadakan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan ini tentu sangat penting untuk dilakukan. Pelatihan tersebut sebaiknya dilakukan dengan pelatih professional yang benar-benar memahami bidang tersebut. Metode pelatihan yang digunakan serta materi pelatihan yang akan disampaikan sebaiknya juga merupakan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari perusahaan tersebut.

Pelatihan untuk pengembangan kemampuan karyawan akan menjadi hal yang sia-sia bahkan hanya akan membuang waktu dan biaya bila bila dilakukan tanpa rencana yang jelas.

Pelatihan Creative Problem Solving Skills bisa dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama bisa sehari atau dua hari namun sebaiknya dilakukan tidak cukup hanya sekali. Pelatihan ini bisa dilakukan beberapa kali bahkan bisa secara rutin guna mengembangkan kemampuan berpikir lebih kreatif dan logis.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.