Materi Pelatihan Manajemen yang Sangat Lengkap tentang Teamwork

Apakah saat ini anda memiliki sebuah teamwork yang solid dan mampu bekerja dengan baik untuk pencapaian tujuan bersama?

Sebuah teamwork memang membutuhkan kemampuan atau skill yang bagus agar bisa bekerja dengan baik.
Bila dalam satu teamwork salah satu anggota tidak bisa menjalankan fungsinya dnegan baik tentu saja team tersebut akan sulit mendapatkan apa yang diharapkan bersama.

Apalagi dalam satu team terdapat beberapa orang yang memiliki padangan atau tujuan berbeda, tentu kekuatan teamwork tersebut tidak akan kuat. Teamwork dibentuk karena menginginkan kekuatan yang besar untuk pencapaian tujuan tertentu.

Bila dalam satu tema masih banyak anggota yang tidak sejalan, bisa dikatakan team tersebut akan kesulitan dalam pencapaian tujuan bersama.

Teamwork lebih sering dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas yang ada di tempat kerja. Kekuatan teamwork akan menjadi motivasi bagi anggotanya untuk menjadi karyawan yang potensial dan produktif.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Dalam sebuah teamwork sangat dibutuhkan kerjasama yang baik masing-masing anggotanya, tidak ada anggota yang bekerja sendiri dan memiliki tujuan yang berbeda dari tujuan team yang dibangun tersebut. Banyak perusahaan yang membuat suatu teamwork untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan membangun atau membuat suatu teamwork diharapkan apa yang diinginkan perusahaan bisa segera tercapai.

1. Pengertian Team Work

Bentuk kerjasama yang terdiri dari beberapa sumber daya manusia dari beberapa perbedaan latar belakang, namun memiliki kedudukan yang sama dan aktif dalam suautu organisasi atau perusahaan untuk menjalankan suatu komitmen secara besama agar bisa mencapai tujuan yang sama pula. Bukan sebuah team juga ada beberapa anggota yang memiliki tujuan berbeda atau tujuan mereka menyimpang dari tujuan teamwork. Tujuan bersama itulah yang menjadi dasar bagi perusahaan atau instansi untuk membentuk teamwork yang solid. Pencapaian tujuan bersama tersebut tentu membutuhkan kemampuan atau skill masing-masing anggota yang berbeda.

Dalam satu teamwork masing-masing anggota memiliki kemampuan yang berbeda, ada yang memiliki pemikiran cerdas namun ada pula anggota yang memiliki pemikiran yang tidak begitu cerdas. Dari kekurangan masing-maing anggota tersebut menjadikan sebuah team yang kuat dengan berbagai karakter dan kemampuan yang berbeda. Sekalipun masing-masing anggota memiliki kemampuan yang berbeda namun mereka memiliki tujuan yang sama untuk perusahaan.

1.1 Pencapaian tujuan bersama
Tujuan bersama bisa dicapai bila objek dan target sudah ditetapkan oleh teamwork yang terbentuk. Jika objek dan target belum diketahui maka pencapaian tujuan bersama tersebut tentu sangat sulit didapatkan. Teamwork dibentuk dengan persamaan tujuan, sekalipun pada awal pembentukan team banyak anggota yang memiliki pemikiran dan tujuan yang bebeda.

Dalam pencapaian tujuan bersama tidak semua hal bisa berjalan dengan mulus, hal ini karena masing-masing anggota memiliki pemikiran yang berbeda namun perbedaan tersebut akan dilebur menjadi satu sebagai pencapaian tujuan bersama.

Sebagai bentuk dari pencapaian tujuan bersama maka ada beberapa langkah dan ide bersama harus direalisasikan secara bersamaan. Suatu teamwork yang baik yang memiliki skill yang baik akan membuat langkah-langkah nyata yang efektif dan efisien untuk pencapaian tujuan bersama. Bila salah satu anggota mengalami masalah maka harus dipecahkan bersama masalah tersebut.

Tidak ada seorang pun dalam satu teamwork yang menyelesaikan masalah sendiri, hal ini karena sebuat teamwork dibentuk untuk mencapai tujuan bersama dan memecahkan masalah secara bersama.

Sebuah teamwork yang baik akan memiliki beberapa kerja seperti dibawah ini:

Adanya kesamaan pemahaman
Teamwork dibentuk untuk mencapai tujuan besama, namun masih ada beberapa anggota yang memiliki pemahaman berbeda dari anggota lainnya. Ini adalah tugas ketua team untuk membuat pemahaman yang berbeda menjadi pemahaman yang sama satu sama lain. Kesamaan pemahaman akan memudahkan langkah teamwork untuk menjalankan beberapa hal atas pencapaian tujuan bersama.

Adanya keselarasan bersama
Bukan hanya kesamaam pemahaman namun dalam suatu teamwork skiil yang baik maka dibutuhkan juga keselarasan bersama. Keselarasan bersama akan mudah didapatkan bila semua anggota memiliki pemahaman dalam pencapaian tujuan yang diharapkan semua anggota.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Adanya persetujuan oleh komitmen dalam bekerja
Komitmen sangat penting dalam suatu teamwork, bila tidak ada komitmen maka sebuah teamwork sekalipun memiliki skill yang bagus mereka tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Komitmen sama halnya dengan tujuan bersama. Bila komitmen sudah dibentuk maka akan mudah bagi teamwork untuk melangkah.

Menyatukan langkah untuk mencapai tujuan yang diharapkan bersama
Karena teamwork dibentuk untuk pencapaian tujuan bersama maka setiap langkah yang dilakukan oleh anggotanya harus seiring sejalan dengan anggota lainnya. Dalam teamwork harus ada kesatuan langkah untuk pencapaian tujuan, jika langkah anggota team tidak seiring maka sangat sulit bagi team tersebut untuk mencapai tujuan yang telah diprogramkan.

1.2 Hambatan dalam Team Work
Teamwork dibentuk tidak semulus yang dibayangkan karena didalam team tersebut terdiri dari beberapa anggota yanng memiliki pendapat atau pemahaman yang berbeda. Pemahaman yang berbeda tersebut jika tidak segera diatasi akan menimbulkan hambatan dalam pencapaian tujuan.

Berikut beberapa hambatan dalam teamwork:
a) Adanya kesalah pahaman pendapat
Masing-masing anggota dalam team berhak untuk mengajukan pendapat mereka, namun kadang pendapat yang berbeda-beda tersebut justru membuat kesalah pahaman. Kesalah pahaman yang tidak segera diatasi akan menimbulkan masalah dalam satu team. Jika banyak terjadi kesalah pahaman tentu kerja team akan terganggu.

b) Ketidak cocokan komitmen yang dibuat
Membuat komitmen dalam suatu teamwork itu tidak mudah, kadang banyak anggota yang tidak setuju dengan komitmen yang dibuat. Ketidak cocokan komitmen yang dibuat bersama akan menimbulkan masalah dalam team bersangkutan.

c) Adanya campur tangan pihak lain diluar team work
Sebuah teamwork bekerja atas inisiatif, kreasi dan kerjasama anggota didalamnya. Jika ada seseorang yang mempengaruhi kinerja team yang bukan anggota team bersangkutan, hal ini akan menjadi masalah dalam team tersebut. Campur tangan phak lain yang bukan menjadi anggota team kebanyakan justru menimbulkan ketidak cocokan dalam satu team.