Materi Bagus tentang Pelatihan Komunikasi Efektif

Dalam setiap perusahaan baik bidang kesehatan, jasa, keuangan, dagang atau perusahaan di bidang lainnya, ada salah satu hal yang sangat penting yang akan menjadi pondasi kekuatan perusahaan tersebut untuk terus tetap tegak Berjaya bahkan semakin besar.

Hal yang sangat penting itu bernama komunikasi. Banyak sekali yang menyepelekan betapa pentingnya kemampuan komunikasi untuk sebaiknya dimiliki oleh setiap karyawan dalam bidang kerja apapun.

Mungkin selama ini mereka yang beranggapan bahwa karyawan yang harus memiliki komunikasi yang baik adalah mereka yang bekerja di bidang entertainment, sekretaris, marketing, public relation atau customer service yang mana pekerjaannya memang selalu bertemu dengan klien, tamu atau konsumen setiap harinya.

Benarkah hal tersebut di atas bahwa hanya mereka yang harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik?

Tentu saja tidak. Semua orang, semua karyawan, semua jajaran dan jabatan dalam setiap bidang kerja di sebuah perusahaan semuanya wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Hanya dengan komunikasi yang baik maka pasti semua pekerjaan, semua hubungan dan tanggung jawab baik dalam pekerjaan, hubungan antar karyawan, hubungan antar bawahan dan atasan dan juga hubungan antara klien dan konsumen bisa berjalan seimbang, dinamis dan baik.

Tanpa komunikasi yang baik pasti dunia kerja akan berantakan karena akan mudah terjadi salah paham, salah pengertian dan salah pekerjaan dan tanggung jawab yang diselesaikan. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik memang memerlukan proses panjang tidak dalam waktu singkat namun semuanya pasti bisa dicapai selama perusahaan dan individu itu sendiri juga niat untuk terus berlatih.

Salah satu cara untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik adalah dengan menyelenggarakan pelatihan komunikasi yang efektif untuk seluruh karyawannya.

Pelatihan Komunikasi ini sangat penting sehingga bisa menjalankan roda pekerjaan dengan baik tanpa ada kesalahpahaman antara satu dan yang lainnya. Untuk mencapai tujuan akhir dalam training tersebut maka biasanya pembicara atau trainer akan menggunakan beberapa metode training dalam menyampaikan materi trainingnya.

Metode Pelatihan tersebut antara lain adalah: konsultasi antara individu dengan trainer, konsultasi per kelompok, diskusi kelompok besar, diskusi personal, study kasus, tutorial atau materi, didukung dengan penampilan video, rekaman, film ,lagu atau cuplikan klip yang mendukung materi dan tema pelatihan saat itu sehingga peserta akan semakin mudah dalam menangkap materi yang disampaikan oleh trainer.

Ada banyak pilihan materi yang biasanya akan dimasukkan ke dalam pelatihan komunikasi efektif oleh setiap trainer. Anda bisa menggunakan semua materi tersebut atau menyaring lagi dan memasukkan atau menambahkan materi yang sesuai dengan kebudayaan kerja di perusahaan Anda.

Beberapa contoh materi pelatihannya antara lain adalah:

  • Tujuan komunikasi
  • Proses komunikasi yang efektif
  • Cara memilih topik yang baik dan benar
  • Metode Presentasi
  • Strategi penelitian dan analisis audiens
  • Cara bicara terstruktur dan hal-hal yang mendukung terjadinya komunikasi efektif
  • Cara penyampaian komunikasi dan praktek yang baik
  • Cara menggunakan metode visual dan peralatan computer untuk menunjang komunikasi

Karena komunikasi efektif adalah sebuah pelatihan umum maka semua karyawan dari berbagai bidang pekerjaan bisa mengikuti training ini dengan baik tanpa terkecuali.

Lama waktu pelatihan SDM juga bisa Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan misalkan saja karena peserta banyak maka pelatihan di bagi menjadi beberapa sesi dan tanggal yang berbeda. Ada banyak hal yang akan di dapatkan oleh karyawan setelah mereka mengikuti pelatihan komunikasi efektif yang akan sangat berdampak pada dunia kerjanya dimana pun itu berada.

Hal-hal dibawah ini yang akan Anda dapatkan setelah Anda mengikuti training komunikasi yang pastinya akan semakin berdampak baik bagi kehidupan Anda.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Saat berkomunikasi tentu membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi sehingga Anda bisa berbicara dengan lancar baik di depan banyak orang, di hadapan kolega penting atau antar sesama karyawan. Tanpa rasa percaya diri maka Anda tidak akan bisa menyampaikan apa yang ada di pikiran Anda dan hati Anda dengan lugas, lancar dan jelas dan ini tentu saja sangat menghambat. Setelah Anda mengikuti training komunikasi diharapkan hal ini bisa Anda dapatkan.

  • Mampu mempengaruhi orang. Dalam dunia marketing ini adalah hal yang sangat penting untuk bisa mempengaruhi orang lain sehingga orang tertarik untuk membeli, menggunakan produk atau jasa Anda sehingga Anda bisa mencapai target dengan baik yang telah ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan jabatan Anda.
  • Anda akan bisa memberikan kesan pertama yang menarik dengan lancar berkomunikasi bahkan pada orang yang baru Anda temui sekalipun semuanya pasti bisa mendapatkan rasa respek dan kagum terhadap Anda.
  • Motivasi untuk terus bekerja dengan baik pun akan Anda dapatkan karena Anda bisa bicara dengan baik dalam berbagai macam topik dengan bawahan, atasan sehingga melancarkan hubungan kerja dan juga Anda bisa mendapatkan apresiasi yang baik dari kantor Anda.
  • Bicara di depan banyak orang tentu tidak akan menjadi kendala lagi karena Anda telah mengetahui bagaimana menata strategi dan menarik minat banyak orang dengan topik yang Anda pilih.

Karena komunikasi adalah hal yang sangat vital dalam dunia kerja maka dari itu tidak ada salahnya Anda berusaha memenuhi kebutuhan karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda sehingga secara tidak langsung Anda membuat mereka menjadi pribadi yang berkualitas yang akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan Anda sendiri juga.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.