Kenapa Penting Melakukan Pelatihan Motivasi kepada Karyawan

Bekerja pada suatu perusahaan sekalipun di sebuah perusahaan favorit kita dengan bidang pekerjaan yang sudah sesuai dengan background pendidikan selalu menjadikan rasa bangga dan kebahagiaan sekalipun mendapati diri harus terbenam dalam tumpukan pekerjaan dengan deadline yang cukup berdekatan.

Namun, sebahagia apapun rasa dan semangat dalam bekerja tetap saja akan ada suatu masa dimana diri kita merasa jenuh dan lelah dengan semua aktivitas dan rutinitas yang selalu saja sama kita lakukan setiap harinya.

Untuk itulah disaat rasa jenuh dan bosan dengan pekerjaan membuat karyawan dalam suatu perusahaan butuh diberi suntikan semangat dan motivasi agar mendapatkan kembali energinya dalam bekerja seperti saat awal masuk dulu kala.

Ada banyak sekali cara yang bisa dipilih dan dilakukan oleh sebuah perusahaan yang ingin melakukan pemberian semangat dan motivasi untuk para karyawannya secara berkala salah satunya adalah dengan cara memberikan pelatihan SDM tentang motivasi.

Jika sampai saat ini masih saja ada sebuah perusahaan yang menganggap karyawannya adalah robot sehingga tidak perlu diberikan penyegaran berupa pelatihan maka sebenarnya perusahaan itu tengah membenamkan dirinya sendiri dalam sebuah waktu yang bernama keterpurukan.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Bisa kita lihat perusahaan yang maju adalah perusahaan yang tidak pernah pelit dalam memberikan kesejahteraan kepada setiap karyawan yang telah berkontribusi dengan keras untuk memberikan kemajuan pesat, perkembangan dan juga nominal keuntungan yang besar melalui kinerjanya.

Jadi, jika perusahaan Anda ingin maju jangan menjadi pelit. Ada banyak tujuan kenapa setiap karyawan berhak dan wajib mendapatkan pelatihan motivasi.

Dengan diadakannya pelatihan motivasi untuk setiap karyawan maka karyawan Anda jelas akan bertambah prestasinya karena mereka merasa dihargai.

Pelatihan motivasi untuk meningkatkan semangat dan rasa percaya diri dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya sangatlah positif.
Bekerja dengan rutinitas dan kegiatan yang selalu sama setiap harinya jangan dianggap tidak membosankan dan jika dibiarkan maka kinerja karyawan sudah pasti akan menurun. Dengan diadakannya training motivasi maka perusahaan peduli untuk meningkatkan soft skill yang ada pada karyawan sehingga aura untuk bekerja dengan baik juga semakin berkembang besar.

Berikut beberapa tujuan yang positif kenapa setiap karyawan di sebuah perusahaan berhak atas sebuah training motivasi yang baik:

  • Dengan adanya training motivasi maka sangat berpengaruh terhadap penyegaran pikiran karyawan yang jenuh dengan pekerjaannya
  • Training motivasi juga sangat baik untuk membantu karyawan terus semangat dalam bekerja sehingga target dari perusahaan bisa dicapai dengan angka yang maksimal
  • Etos kerja pasti akan tercapai karena karyawan kembali semangat dan bergairah untuk bekerja dan meningkatkan performanya
  • Untuk perusahaan sendiri training motivasi juga sangat bermanfaat sebagai salah satu cara pendorong dan peningkat produktivitas pekerjaan semua karyawan yang bekerja di bawahnya

Training motivasi juga bisa menjadi ajang berkumpulnya seluruh anggota perusahaan dari semua lapisan jabatan sehingga antar karyawan, pimpinan bisa sekaligus mengenal satu sama lain dan mempererat tali silaturahmi

Ada banyak sekali perusahaan jasa yang memang bergerak di bidang pemberian training motivasi. Anda bisa memilih salah satu dari perusahaan jasa tersebut yang memiliki misi sejalan dengan perusahaan Anda.

Pemberian pelatihan karyawan tentang motivasi seharusnya diselingi dengan banyak kegiatan menarik seperti permainan antar kelompok, games, role play, diskusi kelompok, kegiatan out door seperti out bond dan kegiatan lainnya yang berfungsi sebagai kegiatan penyegaran otak, fisik sehingga semua peserta training setelah mengikuti serangkaian kegiatan akan merasa puas, lega dan kembali mendapatkan semangatnya yang sempat hilang.

Untuk waktu idealnya dalam pemberian training motivasi ini biasanya dilakukan paling tidak 6 bulan atau 1 tahun sekali. Bisa dipilih memberi training pada akhir tahun atau awal tahun yang mana pasti semua jajaran jabatan dan lapisan bidang kerja harus berkutat dengan laporan akhir tahun dan target atau perencanaan awal tahun yang cukup padat.

Untuk lamanya waktu training bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Ada yang hanya one day training namun ada juga yang sampai dengan 2 hari.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Tentu saja training motivasi ini dilakukan di luar kompleks perkantoran dan biasanya dilakukan di tempat –tempat terbuka seperti bumi perkemahan, villa, pegunungan ,dll. Untuk itu perlu diadakan sosialisasi atau persiapan terlebih dahulu bagi setiap karyawan yang akan diikutkan training agar tidak mendadak dalam pemberian skejul sehingga karyawan juga bisa mengatur jadwal kegiatannya terutama untuk mereka yang sudah berkeluarga yang memang mungkin memiliki banyak aktivitas di luar dunia pekerjaannya.

Jangan abaikan pentingnya pemilihan materi training untuk pelatihan SDM untuk motivasi yang akan diadakan sehingga training bisa tepat sasaran sesuai dengan harapan. Beberapa materi yang bisa dipilih seperti budaya perusahaan, visi misi perusahaan dan lainnya. Tidak ada salahnya menyelipkan beberapa kegiatan atau aktivitas yang menarik seperti bermain peran, bernyanyi bersama sehingga suasana training tidak melulu kaku dan didominasi oleh kegiatan di dalam ruangan yang membosankan pastinya.

Pastikan bahwa training motivasi dipenuhi oleh serangkaian kegiatan yang menyenangkan, memberi semangat dan membuat seluruh peserta training aktif dalam training yang sedang diadakan.

Jangan sampai training motivasi hanya sebatas judul karena pembicara yang kaku, pembicara yang tidak luwes dan aktif yang malah membuat seluruh peserta training justru mengantuk dan hanya segera ingin cepat pulang.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.