Informasi Pelaksanaan Pelatihan Performance Management

Dalam mengoptimalkan produktivitas dan kinerja dari karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, perusahaan sangat perlu untuk melakukan berbagai pelatihan dan pengembangan. Salah satu pelatihan yang hendaknya dilakukan adalah Pelatihan Performance Management ataupun pelatihan manajemen kinerja.

Manajemen kinerja merupakan suatu aktivitas untuk memastikan bahwa tujuan dari perusahaan bisa dicapai secara efektif dan efisien.
Sumber Daya Manusia yang dalam perusahaan berupa para karyawan yang bekerja di dalam perusahaan tersebut merupakan aset dan modal yang sangat penting.

Tentu saja, dalam hal ini, perusahaan hendaknya bisa memanfaatkan secara optimal SDM tersebut dan mengelolanya dengan tepat sehingga SDM tersebut bisa mencapai visi dan misi perusahaan dengan baik dan selaras. Keberadaan performance management atau manajemen kinerja ini rupanya sangat sesuai untuk menciptakan perusahaan yang tangguh.

Dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan, perusahaan seringkali menemui berbagai perubahan di lingkungan perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki tujuan, visi, dan misi yang hendak dicapai secara jelas.

Dengan demikian, semua elemen dalam perusahaan tersebut mulai dari atasan hingga bawahan bisa bekerja secara optimal sesuai bidang dan divisi masing-masing untuk mencapai tujuan perusahaan.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR.

Adanya misi, visi, dan tujuan perusahaan bisa menentukan arah dan tujuan yang akan dicapai dari perusahaan tersebut. untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan juga membutuhkan strategi yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan dan mencapai tujuan tersebut baik secara kuantitatif ataupun kualitatif.

Dari strategi tersebut pula, perusahaan bisa menentukan bagian dan jenis pekerjaan yang sesuai untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Dalam hal inilah pentingnya peranan manajemen kinerja yang bisa membantu meningkatkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan meskipun mungkin saja muncul berbagai perubahan di lingkungan perusahaan.

Tentu saja untuk bisa memberikan efektivitas dan kinerja yang baik kepada semua elemen yang bernaung dalam perusahaan sangat perlu untuk menyelenggarakan suatu pelatihan tentang manajemen kinerja atau performance management training.

Dengan diselenggarakan pelatihan yang efektif tentang menajemen kinerja, hal ini bisa membantu meningkatkan keefektifan bagi pekerja sehingga perusahaan bisa tetap bertahan dalam menghadapi perubahan ataupun persaingan di lingkungan perusahaan. Keberadaan manajemen kinerja yang efektif ini tidak hanya bertujuan untuk kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang namun juga menjadi suatu keharusan yang hendaknya dimiliki oleh setiap atasan perusahaan sehingga bisa memberikan teladan dan contoh yang baik kepada pekerja dan karyawan yang bekerja di bawahnya.

Sebelum menyelenggarakan pelatihan tentang manajemen kinerja, kita hendaknya memahami apa sebenarnya manajemen kinerja ataupun performance management tersebut. Manajemen kinerja adalah suatu proses yang diperlukan untuk melakukan identifikasi, dorongan, evaluasi, peningkatan, dan juga memberikan suatu penghargaan kepada kinerja karyawan.

Adanya manajemen kinerja tersebut sebagai jembatan penghubung antara tujuan perusahaan dan tujuan individu karyawannya. Dengan mempertemukan kedua tujuan tersebut, hal ini akan sangat efektif untuk bisa meningkatkan kinerja karyawan guna mencapai tujuannya serta mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen kinerja sendiri bukanlah penilaian kinerja. Penilaian kinerja yang berguna untuk mengetahui dan mengukur kinerja dari perusahaan dan karyawan hanya merupakan alat ataupun bagian dari manajemen kinerja ini.

Selain itu, manajemen kinerja juga bukan sumber jawaban dari semua persoalan yang ada dalam perusahaan karena manajemen kinerja hanya menjadi suatu proses yang sangat penting untuk dilakukan secara efektif dalam mencapai tujuan serta keberhasilan dari perusahaan baik jangka panjang ataupun jangka pendek.

Biasanya, dalam Pelatihan Performance Management akan diulas tentang berbagai hasil yang bisa dicapai ketika manajemen kinerja ini bisa berjalan secara efektif seperti adanya tujuan yang jelas dari perusahaan serta proses dan strategi yang tepat untuk melakukan identifikasi,pengembangan, pengukuran, dan pembahasan tentang tujuan.

Selain itu, keberhasilan lain yang bisa dicapai adalah adanya integrasi antara tujuan perusahaan dan tujuan individu karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan memiliki efektivitas manajemen kinerja, kejelasan tentang aspirasi dan tujuan juga akan tercapai secara lebih baik.

Manajemen kinerja tersebut juga bisa mengembangkan lingkungan perusahaan yang lebih terbuka dan siap terhadap berbagai perubahan dan persaingan yang muncul. Dengan demikian, tujuan dan keberhasilan yang diinginkan perusahaan bisa tercapai dengan baik dan efektif.

Selain tentang berbagai keberhasilan yang bisa dicapai perusahaan ketika manajemen kinerja bisa berjalan secara efektif, pelatihan tersebut juga pastinya akan membahas tentang berbagai langkah dan tahapan dalam proses manajemen kinerja mulai dari perencanaan, pengukuran, peninjauan dan pengawasan, serta evaluasi kinerja.

Dari keempat aspek dan tahapan tersebut, pengukuran menduduki aspek sentral dalam manajemen kinerja sehingga pelatihan untuk manajemen kinerja yang efektif seringkali menyediakan topik tentang perencanaan untuk kinerja yang cerdas, pemantauan dan pengawasan kinerja yang handal, evaluasi terhadap kinerja, serta adanya pengukuran kinerja perusahaan.

Pada pelatihan tersebut hendaknya dilakukan pembahasan dengan pendekatan langkah demi langkah dengan disertai alat ataupun media yang bisa dijadikan pedoman ideal yang nantinya bisa diterapkan untuk berbagai manajemen kinerja di semua level dan tingkatan pada perusahaan tersebut. dan, pastinya pelatihan yang bisa berjalan dengan efektif adalah pelatihan yang bisa mencapai tujuan diselenggarakannya pelatihan tersebut.

Dengan mengikuti Pelatihan Karyawan tentang Performance Management yang efektif diharapkan semua peserta pelatihan bisa mengkomunikasikan program penyusunan rencana kinerja sehingga sesuai dengan tujuan dan strategi perusahaan dalam mencapai keberhasilan.

Selain itu, peserta hendaknya juga bisa mengetahui cara penetapan sasaran kinerja serta pengembangan KPI (key performance indicator). Pelatihan untuk manajemen kinerja ini tentu tak hanya diperuntukkan bagi para manajer SDM tetapi juga bisa untuk semua level jabatan atau karyawan yang ingin menggali lebih tentang manajemen kinerja.

Jika kantor Anda ingin melakukan in house training KPI atau konsultasi penyusunan KPI, silakan kontak Konsultan penyusunan KPI kami pada :

HP/WA : 0817 482 32 35
Email : antariksa@exploreHR.org
Kontak : Yodhia Antariksa, Msc in HR.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!