Contoh Materi Pelatihan Manajemen tentang Mind Mapping

Tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda, mereka bisa membuat suatu gagasan yang berbeda dan luar biasa bagi orang lain. Sayangnya banyak hal yang tidak diketahui orang dan mereka tidak menyadari potensi yang ada pada dirinya untuk membentuk pola pikir yang bagus.

Kreatifitas yang dimiliki seseorang merupakan suatu yang hakiki yang dimilikinya. Dengan kreatifitas tersebut maka seseorang bisa memahami bagaimana dia berpikir untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas untuk penyelesaian masalah yang dihadapi.

Kreatifitas dalam berpikir juga sangat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan dan pengembangan gagasan serta ide yang dimiliki. Kreatifitas tidak terbatas pada satu gagasan atau ide saja, namun kreatifitas sangat luas jangkauannya.

Konsep kreatifitas ini kemudian berkembang menjadi sebuah pemikiran yang bisa dipetakan. Atau bila anda sering mendengar istilan mind mapping maka cara ini adalah untuk meletakkan informasi ke dalam otak dan bagaimana pengambilan kembali informasi yang didapatkan keluar otak. Dalam pembahasan ini konsep mind mapping menyerupai peta pada sebuah jalan yang memiliki cabang cukup banyak.

Ketika anda melihat peta suatu jalan maka anda bisa melihat beberapa anak jalan atau cabang-cabang dari jalan tersebut. Mind mapping bisa dibentuk dengan kreatifitas dari masing-masing individu. Individu yang menerima berbagai infomasi akan mengolahnya menjadi hal yang mudah diterima dan disimpan dalam otaknya.

A. Pengertian Mind Mapping

Mind mapping yang sering dikenal dengan peta otak anda, ini bukanlah peta yang sering anda lihat ketika anda mencari jalan pada suatu tempat. Memang hampir sama dalam konsepnya untuk membuat mind mapping dengan konsep pembuatan peta daerah tertentu. Mind mapping menjadi suatu cara yang digunakan untuk penyimpanan suatu informasi yang didapatkan seseo