Contoh Materi Pelatihan Manajemen tentang Mind Mapping

Tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda, mereka bisa membuat suatu gagasan yang berbeda dan luar biasa bagi orang lain. Sayangnya banyak hal yang tidak diketahui orang dan mereka tidak menyadari potensi yang ada pada dirinya untuk membentuk pola pikir yang bagus.

Kreatifitas yang dimiliki seseorang merupakan suatu yang hakiki yang dimilikinya. Dengan kreatifitas tersebut maka seseorang bisa memahami bagaimana dia berpikir untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas untuk penyelesaian masalah yang dihadapi.

Kreatifitas dalam berpikir juga sangat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan dan pengembangan gagasan serta ide yang dimiliki. Kreatifitas tidak terbatas pada satu gagasan atau ide saja, namun kreatifitas sangat luas jangkauannya.

Konsep kreatifitas ini kemudian berkembang menjadi sebuah pemikiran yang bisa dipetakan. Atau bila anda sering mendengar istilan mind mapping maka cara ini adalah untuk meletakkan informasi ke dalam otak dan bagaimana pengambilan kembali informasi yang didapatkan keluar otak. Dalam pembahasan ini konsep mind mapping menyerupai peta pada sebuah jalan yang memiliki cabang cukup banyak.

Ketika anda melihat peta suatu jalan maka anda bisa melihat beberapa anak jalan atau cabang-cabang dari jalan tersebut. Mind mapping bisa dibentuk dengan kreatifitas dari masing-masing individu. Individu yang menerima berbagai infomasi akan mengolahnya menjadi hal yang mudah diterima dan disimpan dalam otaknya.

A. Pengertian Mind Mapping

Mind mapping yang sering dikenal dengan peta otak anda, ini bukanlah peta yang sering anda lihat ketika anda mencari jalan pada suatu tempat. Memang hampir sama dalam konsepnya untuk membuat mind mapping dengan konsep pembuatan peta daerah tertentu. Mind mapping menjadi suatu cara yang digunakan untuk penyimpanan suatu informasi yang didapatkan seseorang di otaknya.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Sebuah peta pikiran mampu membuat anda untuk membuat perencanaan cepat dan tepat sama halnya ketika seseorang membuat peta tentang rute suatu perjalanan. Peta rute yang disebut mind mapping ini sering digunakan sebagai peta yang memudahkan ingatan seseorang dan untuk penyusunan berbagai fakta maupun pikiran seseorang.

Pengertian Mind
Gagasan yang terdiri dari berbagai informasi dimana suatu keadaan yang timbul bila otak sedang bekerja dan hidup. Dalam hal ini Mind berhubungan dengan visual. Berbagai informasi yang didapatkan seseorang akan disimpan dalam otaknya, hal ini berhubungan dengan pola pikir atau mind yang akan membantu seseorang menjadi lebih baik.

Pengertian umum
Mind mapping disebut juga dengan peta pikiran yang berhubungan dengan metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan. Selain itu pengertian ini juga berhubungan dengan suatu metode yang mempelajari konsep cara kerja otak dalam menyimpan informasi. Mind Mapping juga berkaitan dengan konsep tentang mind mapping ini dikemukakan oleh Tony Buzan.

Tentang Otak Manusia
Otak tidak bisa menyimpan informasi yang didapatkan dalam sel-sel saraf yang terjejer rapi. Sistem informasi yang didapatkan akan disimpan dalam sel-sel saraf yang bercabang-cabang seperti cabang pohon. Pemetakan pikiran ini akan memudahkan sistem informasi yang sebelumnya masih tersembunyi di otak manusia. Dengan peta pikiran tersebut maka keseluruhan otak yang didukung dengan citra visual dan beberapa prasarana grafis akan membentuk kesan lebih mendalam.

Manusia sendiri memiliki berbagai macam pemikiran terhadap suatu hal, ini berhubungan dengan otak mereka. Otak satu orang dengan orang lain dalam mengolah informasi yang didapatkannya akan berbeda.

Ada orang yang memiliki otak cerdas, saat mereka menerima informasi , otak dengan cepat akan mengolah, menyimpan dan menyampaikan infomasi tersebut dengan cepat dan tepat. Namun, otak manusia pun ada juga yang bekerja lambat saat menerima informasi. Otak yang bekerja dengan lambat, proses penyimpanan dna pengolahan informasi tersebut juga akan berjalan dengan lambat.

B. Latar Belakang konsep mind mapping

Konsep Mind Mapping dikemukakan oleh Tony Buzan pada tahun 1970. Teknik mind mapping dikenal juga dengan nama teknik Radiant Thingking. Satu mind map memiliki sebuah kata sentral atau ide. Setiap kata sentral yang ada pada otak akan memiliki 5 hingga 10 ide yang keluar. Dengan konsep ini akan memunculkan ide terpendam dan memudahkan pembuatan asosiasi terhadap ide tersebut.

Konsep mind mapping ini mengorganisasikan informasi yang didapatkan dimana percabangan sel otak akan memudahkan untuk mereferensikan suatu informasi. Teknik mind mapping sangat cocok untuk siswa atau pekerja.

Otak akan lebih potensial dan lebih optimal dan sistem kerja otak kanan dan otak kiri akan digabungkan secara bersama-sama. Semakin baik konsep yang tersembunyi dalam otak untuk dibuka maka semakin mudah pembentukan mind mapping tersebut. Metode mind mapping merupakan metode untuk membantu prose berpikir otak secara teratur.

Hubungan kedua Otak
Untuk mewujudkan mind mapping yang bagus kedua otak harus bekerja sama satu sama lain. Jika kedua belah otak bisa bekerja sama dengan baik maka keduanya akan memudahkan orang untuk mengingat semua informasi. Informasi yang bisa didapatkan diantaranya adalah informasi secara lisan dan tulisan. Setiap orang memiliki peta pikiran atau mind mapping berbeda karena otak mereka juga berbeda.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Otak kanan dan otak kiri memiliki peran yang berbeda. Otak kanan berhubungan dengan music atau irama. Otak kiri berhubungan dengan proses logika seperti kata-kata, hitungan matematika atau pembelajaran akademis.

Otak berkaitan dengan aktivitas dan kreatifitas. Kedua otak berhubungan dengan corpus collosum untuk menyeimbangkan pesan dan gambar yang holistic dan abstrak menjadi pesan yang konkrit dan logika. Bisnis, pendidikan dan sains lebih menggunakan otak kiri dibandingkan otak kanannya.

Ingatan tidak akan bertabah lama tanpa keseimbangan kedua otak. Bila kedua belahan otak tidak seimbang maka bisa menimbulkan gangguan fisik pada seseorang. Informasi tidak bisa dibentuk otak secara rapi dan teratur.

Otak harus mencari, memilih kemudian merumuskan serta merangkai informasi yang didapat. Informasi yang bisa diterima otak yaitu suara, gambar, symbol, citra, bunyi, perasaan. Otak mengatur semua informasi dalam bahasa dan dihubungkan dengan logika yang menghasilkan sebuah arti yang bisa dipah