Cara Terbaik untuk Melakukan Pelatihan Leadership Skills

Menjadi seorang pemimpin atau leader di suatu organisasi tentu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Ia harus memiliki jiwa kepemimpinan atau leadeship sebagai salah satu syarat menduduki posisi tersebut. Sering dijumpai pemimpin yang sama sekali tidak mempunyai kemampuan memimpin yang baik.
Sebaliknya, orang-orang yang memiliki bakat tersebut justru tidak memperoleh kesempatan menempati jabatan yang seharusnya.

Kepemimpinan atau leadership merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bersedia bekerja sama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Meskipun terkadang kemampuan ini terlihat sebagai bakat, namun setiap orang sebenarnya dapat belajar dan berlatih bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik.

Seseorang yang mempunyai posisi sebagai leader atau pemimpin memiliki keharusan mengatur dan mengelola tim yang bekerja di bawahnya.

Tentunya sifat-sifatnya melebihi dari orang lain dimana hal tersebut didasarkan pada bidang kegiatan, tipe kepemimpinan, tingkatan dan juga latar belakang budaya dan kebangsaan.

Para ahli memiliki pendapatnya masing-masing mengenai sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Sebagai contoh, delapan syarat yang harus dipenuhi seorang leader menurut Terry berikut ini:

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

  • Memiliki kekuatan lahiriah dan rohaniah sehingga mampu bekerja keras dan berfikir untuk memecahkan berbagai masalah.
  • Pelatihan SDM tentang Leadership terbaik ada disini.
  • Kemampuan menguasai perasaan, sehingga tidak mudah merasa emosional.
  • Memiliki pegetahuan bagaimana berhubungan secara manusiawi dengan orang lain terutama bawahan, sehingga akan lebih mudah memperoleh bantuan saat berada dalam kesulitan.
  • Memiliki motivasi dan dorongan pribadi yang akhirnya juga dapat menciptakan semangat, gairah dan ketekunan dalam bekerja.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik termasuk dalam penyampaian ide, pendapat dan keinginan kepada orang lain, dan juga mampu mengambil inti dari pembicaraan.
  • Memiliki kemampuan mengajar dan memberikan contoh serta petunjuk sehingga bawahan mendapatkan gambaran yang jelas dan bisa memperbaiki kesalahan.
  • Memiliki kemampuan bergaul dimana ia dapat menilai sifat dan watak orang lain sehingga lebih mudah mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan.
  • Memiliki kemampuan teknis dalam leadership meliputi merencanakan, mengorganisasi, mengambil keputusan, mengetahui asas dan tujuan organisasi, serta mengawasi bawahan agar tujuan bersama dapat tercapai.

Tidak mudah menjadi seorang pemimpin ideal seperti di atas. Selain faktor kemampuan yang ada pada diri, seringkali leader dihadapkan pada kondisi emosional dimana ia kurang dipercaya, dihargai atau kurang dapat diandalkan oleh anak buahnya.

Agar hal-hal tersebut dapat dihindari, Anda dapat mengasah kemampuan leadership dengan mengikuti pelatihan.

Perusahaan biasanya mengundang para karyawannya untuk mengikuti program pelatihan dan pengembangan yang didesain menurut posisi dan kebutuhan dari pegawainya. Para pimpinan atau manajer umumnya diikutsertakan dalam training yang fokus pada pelatihan leadership skills.

Tentunya Anda tidak boleh melewatkan kesempatan tersebut, sebab training ini memberikan beberapa manfaat seperti berikut:

  • Anda akan memperoleh bekal lengkap untuk menjadi seorang pemimpin yang ideal. Walaupun Anda telah memiliki bakat alami dalam hal kepemimpinan, anugrah tersebut akan sulit diterapkan apabila Anda masih kurang berpengalaman.
  • Di lain sisi, pengalaman saja juga tidak cukup menjadikan seseorang sebagai pemimpin yang baik. Program pelatihan diadakan sebagai sarana untuk memberikan bekal cukup bagi seorang karyawan sebelum atau selama menduduki posisi sebagai pemimpin.
  • Anda dapat belajar bagaimana caranya melakukan pendekatan secara psikologis dengan bawahan. Kemampuan ini sangat penting untuk membuat semua orang di tim merasa senang dan tidak tertekan saat berada di bawah kepemimpinan Anda.
  • Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai perusahaan tempat Anda bekerja, sebab training yang diberikan biasanya disesuaikan dengan jenis industri tersebut.
  • Anda akan dipersiapkan untuk membawahi banyak karyawan lain demi mencapai tujuan perusahaan. Tentunya, saat menjalankan tugas tersebut, Anda membutuhkan kemampuan bagaimana mengajarkan, memotivasi dan memberikan dorongan agar orang-orang yang berada di dalam tim mampu meningkatkan produktivitas tanpa adanya tekanan.
  • Anda dapat terus mengasah kemampuan kepemimpinan mengikuti perkembangan dan tuntutan dunia bisnis dan industri. Misalnya penggunaan teknologi dan tren baru, sehingga perusahaan tidak akan ketinggalan dari pesaingnya.
  • Anda bisa bekerja lebih optimal sebagai pemimpin yang akhirnya mampu meningkatkan produktivitas kerja di dalam perusahaan sebagai salah satu hasil dari program pelatihan yang diberikan.

Dalam mengikuti sebuah latihan leadership skills, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tujuan yang ingin dicapai. Program training ini biasanya dibuat dalam kategori-kategori khusus berdasarkan tema yang akan diajarkan. Selain itu, setiap pemimpin memiliki tingkat dan jenis kemampuan yang berbeda satu sama lain. Memilih pelatihan yang tepat berdasarkan kebutuhan tentu akan memaksimalkan manfaat yang dihasilkan.

Beberapa contoh materi yang umumnya diberikan dalam pelatihan kepemimpinan  yaitu:

  • Teori-teori tentang kepemimpinan
  • Mengenal dan memahami sifat-sifat seorang pemimpin
  • Kepemimpinan dan kerja tim
  • Pengelolaan tim yang berkomitmen
  • Memahami kunci utama membentuk team work yang sukses
  • Cara memotivasi anak buah

Selain pemilihan program training berdasarkan tema yang diusung, kesuksesan pelatihan ini juga dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh para trainer, misalnya:

  • Menggunakan slide show
  • Metode role play
  • Metode studi kasus
  • Metode action plan

Dari beberapa hal di atas, perusahaan diharapkan mampu memilih program yang sesuai bagi kebutuhan karyawan dan organisasinya. Atau, apabila Anda sebagai seorang manajer memutuskan untuk mengikuti pelatihan leadership skills di luar institusi secara pribadi, Anda harus mencari pilihan program yang tepat dan efektif untuk mencapai hasil yang maksimal.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.