Cara Paling Bagus dalam Mengelola Training Center

Menghadapi kemajuan dan perkembangan zaman yang menimbulkan lebih ketat persaingan di dunia usaha, banyak perusahaan mencoba berbagai upaya untuk bisa bertahan dan terus maju hingga mencapai keberhasilan.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kinerja dan kualitas ketrampilan dari karyawan sebagai Sumber Daya Manusia di perusahaan tersebut melalui berbagai pelatihan. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan terhadap berbagai pelatihan yang berguna untuk pelatihan SDM di perusahaan, perusahaan biasanya membentuk suatu training center atau pusat pelatihan.

Tidak semua perusahaan mampu dan mengetahui cara mengelola training center tersebut secara efektif sehingga pusat pelatihan yang seharusnya menjadi bagian penting di perusahaan dalam mengembangkan dan memberdayakan sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut tidak berjalan secara optimal.

Melalui pusat pelatihan inilah perusahaan bisa meningkatkan mutu dan kualitasnya sehingga mampu menghadapi berbagai perubahan di lingkungan perusahaan ataupun perkembangan bisnis yang memiliki persaingan cukup ketat. Hal inilah yang hendaknya bisa disadari perusahaan bahwa mengelola pusat pelatihan hendaknya dengan teknik dan cara yang efektif sehingga apa yang menjadi tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik.

Melalui pusat pelatihan tersebut akan terciptalah sumber daya manusia unggulan yang mampu diandalkan dan memiliki kualitas prima untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Namun, perusahaan hendaknya juga memperhatikan strategi dan langkah-langkah yang diambil untuk membangun serta mengelola pusat pelatihan tersebut sehingga bisa memenuhi fungsi dan tujuannya secara optimal. Ketika perusahaan tidak melakukan cara mengelola training center secara efektif, hal ini tentu akan berdampak pada kualitas dan mutu pertumbuhan perusahaan tersebut ke depannya.

Dalam membangun dan mengelola pusat pelatihan hendaknya senantiasa memperhatikan perkembangan zaman. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dunia teknologi berkembang dengan sangat pesatnya. Bila hal ini tidak dimanfaatkan sebaik mungkin maka perusahaan akan tertinggal oleh pesaing dan nantinya akan mengalami kemunduran secara bertahap.

Oleh karena itu, untuk mengelola suatu pusat pelatihan, perusahaan hendaknya selalu mendesain pengelolaan tersebut secara linier dengan perkembangan serta kompetensi yang dimiliki perusahaan sehingga nantinya SDM yang ada di perusahaan tersebut mampu bertahan dan terus maju meskipun menghadapi persaingan ketat di dunia bisnis dan kerja. HR training and performance management.

Untuk lebih memahami tentang tata cara mengelola training center, perusahaan khususnya dari departemen Sumber Daya Manusia hendaknya mengikuti suatu pelatihan terlebih dahulu guna memperdalam dan menggali informasi lebih lagi tentang pusat pelatihan baik untuk pembangunannya ataupun untuk pengelolaannya. Melalui pelatihan tersebut, staff SDM dari perusahaan akan lebih mengetahui dan memahami tentang bagaimana tata cara pengelolaan pusat pelatihan yang efektif dengan sistem dan manajemen yang lebih modern.

Selain itu, bagian pengembangan SDM tersebut juga bisa memberikan keahlian dan ketrampilan kepada karyawan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pusat pelatihan. Serta, pelatihan tersebut juga bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pengelolaan pusat pelatihan atau training center yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Meskipun banyak perusahaan yang menyadari bahwa pusat pelatihan memiliki peranan dan fungsi yang penting dalam meningkatkan kinerja dan mutu perusahaan, tak sedikit perusahaan yang dalam hal ini adalah bagian dan departemen SDM yang mampu membangun ataupun mengelola pusat pelatihan tersebut secara efektif. Membangun ataupun merintis pusat pelatihan memang membutuhkan suatu keahlian dan ketrampilan sehingga mengikuti suatu pelatihan yang berkaitan tentang pengelolaan pusat pelatihan memang sangat diperlukan.

Beberapa hal ataupun langkah yang bisa diambil untuk membangun suatu pusat pelatihan di perusahaan adalah berikut ini. Langkah pertama adalah melakukan analisis tentang jabatan apa saja yang terdapat dalam perusahaan tersebut sehingga bisa diketahui jenis pelatihan seperti apa yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja dan kualitas di tiap jabatan yang ada. Pelatihan yang dibutuhkan di perusahaan bisanya dibagi menjadi tiga jenis yaitu pelatihan teknik ketrampilan, pelatihan induksi, dan pelatihan ketrampilan manajerial dan kepemimpinan.

Setelah mengetahui jabatan apa saja yang terdapat di perusahaan serta kebutuhan pelatihannya, langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membuat matrik pelatihan yang berisi tentang daftar nama jabatan serta pelatihan apa yang dipersyaratkan untuk jabatan tersebut.

Langkah berikutnya adalah melakukan analisis terhadap kebutuhan pelatihan bagi masing-masing individu sebagai pemegang jabatan di perusahaan tersebut karena tidak semua karyawan membutuhkan setiap pelatihan.

Pelatihan atau training yang diadakan tentu lebih difokuskan untuk orang-orang yang membutuhkan pelatihan tersebut sehingga pelatihan ini bisa berjalan secara efektif dan efisien. Setelah semua analisis tentang kebutuhan pelatihan diketahui, langkah berikutnya adalah membuat rencana pelatihan tahunan yang mencakup anggaran, materi, waktu pelaksanaan, pemateri, dan peserta pelatihan tersebut.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Dengan mengetahui cara membangun ataupun cara mengelola training center yang efektif, ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Perusahaan bisa lebih mengoptimalkan kualitas dan mutu sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan ataupun untuk menghadapi berbagai perubahan dan persaingan yang muncul. Dengan membangun dan mengelola pusat pelatihan yang bisa berjalan secara efektif juga bisa membuat kinerja dan produktivitas dari individu dan perusahaan akan semakin meningkat.

Dan, tentu saja, untuk bisa menciptakan serta mengetahui cara mengelola training center yang tepat, perusahaan yang diwakili oleh staf SDM hendaknya mengikuti pelatihan yang berkualitas untuk mendalami lebih lanjut tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pusat pelatihan. Pelatihan akan menjadi hal yang sangat menguntungkan dan tidak membuang waktu dan biaya percuma ketika pelatihan tersebut merupakan pelatihan yang efektif dan mampu diterapkan hasilnya setelah pelatihan guna meningkatkan mutu perusahaan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.