Cara Menjadi Instruktur Pelatihan atau Trainer yang Hebat dan Sukses

Cara menjadi instruktur training atau trainer yang hebat ternyata begitu mudah. Kuncinya ada pada niat, keseriusan, dan komitment yang Anda buat. Untuk menjadi seorang trainer, tentu Anda memerlukan tempat belajar.

Beberapa dari mereka, para trainer profesional yang sukses tidak dipungkiri ada yang belajar begitu saja secara otodidak. Namun, akan lebih baik dan beda hasilnya bagi Anda yang memang memiliki tempat belajar khusus dimana di sana secara signifikan perkembangan kapasitas akan Anda alami.

Lembaga pelatihan SDM pun merupakan tempat dimana Anda bisa mendapatkan berbagai metode atau cara menjadi instruktur training atau trainer yang hebat tersebut. Saat ini, banyak lembaga pelatihan untuk mereka yang ingin trainer di tanah air yang tidak hanya menawarkan harga pelatihan yang sangat bersahabat saja.

Tempat ini bahkan menyediakan para trainer berpengalaman dan profesional untuk tenaga pengajarnya. Karena pelatihan ini sifatnya singkat, tentu saja ilmu yang akan diberikannya lebih sederhana namun efektif. Anda bisa memilih berdasarkan budget pelatihan yang dimiliki atau pada keinginan Anda mendapatkan pengajar yang sesuai dengan harapan.

Namun, selain dari para tenaga pengajarnya, beberapa lembaga training pun ada yang memberikan cara menjadi instruktur training atau trainer yang hebat melalui pendiri lembaga mereka. Tidak kalah penting lagi yaitu belajar dari berbagai buku pengembangan diri. Pilih buku pengembangan diri yang mengemas informasi dalam bentuk menarik agar Anda lebih paham materi yang disampaikan dalam buku tersebut dengan lebih cepat.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Ketika Anda belajar menjadi seorang trainer di sebuah lembaga pelatihan, biasanya Anda akan dikelompokkan. Dalam kelompok, Anda akan mendapat pendampingan dari seorang fasilitator. Maka, manfaatkanlah fasilitator ini sebagai media belajar. Mulai dari teknis pelatihan dalam pengaturan suara, lampu, atau layout ketika pelatihan dilaksanakan.

Ketika Anda ingin menjadi seorang instruktur training yang profesional, harus Anda sadari juga bahwa saat ini, profesi ini begitu banyak dipilih dan persaingannya begitu ketat. Trainer baru selalu hadir dengan usia yang tentu lebih muda dibandingkan diri Anda. namun, jika Anda memiliki kuncinya yaitu diferensiasi atau perbedaan, maka Anda bisa bertahan lama dalam dunia ini bahkan mungkin bisa selamanya. Anda harus memiliki keberanian untuk bisa tampil beda dibanding trainer lainnya.

Sebagai cara menjadi instruktur training atau trainer yang hebat dengan memiliki diferensiasi tersebut, maka Anda tidak boleh menggunakan bahan yang sama dengan yang dimiliki trainer lainnya. Jangan menjadi trainer yang serba iya, melainkan memiliki expert sendiri untuk suatu bidang dimana Anda paham dan bisa dibilang ahli dalam bidang tersebut. Hal ini juga merupakan bagian dari ciri seorang trainer yang profesional.

Namun, tetap di samping pelatihan maupun Anda belajar secara otodidak, cara menjadi instruktur training atau trainer yang hebat tidak akan lepas dari keberanian diri yang Anda miliki.

Modal yang satu ini sangat penting. Mungkin, ketika Anda belajar secara otodidak dan keberanian, apa yang Anda pelajari dari membaca atau melihat orang memberikan training saja dinilai sudah cukup. Namun, ketika Anda mengetahui bahwa ketika belajar di lembaga pelatihan, selain keberanian yang semakin terarah, pengetahuan dan wawasan yang semakin bertambah, ternyata apa yang kurang dalam diri Anda pun akan diketahui untuk bisa segera diperbaiki. Dimana, ketika belajar otodidak akan sulit bagi kita untuk mengetahui baik kelemahan atau cara memperbaikinya tersebut.

Untuk menjadi seorang yang profesional dalam bidang trainer, Anda pun harus menjadi seorang pembicara yang mampu memberikan dampak hebat. Apalagi jika Anda seorang yang masih muda dan ingin memberikan motivasi bagi mereka yang juga merupakan generasi muda. Untuk menjadi salah satunya, maka Anda wajib memiliki waktu luang untuk mengetahui hal-hal terbaru khususnya di bidang public speaking.

Anda bisa belajar tidak hanya hanya dari buku, tapi juga dari internet dengan audio visualnya. Banyak juga account media social yang memberikan informasi-informasi baru seputar dunia trainer yang secara real time bisa Anda akses dan manfaatkan. Aplikasikan langsung setiap ilmu yang Anda dapatkan setelah memahaminya dengan tidak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada agar rasa gugup berganti dengan keberanian.

Ternyata, berkumpul bersama sahabat atau komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama positifnya dengan Anda bisa menjadi bagian dari cara menjadi instruktur training atau trainer yang hebat tersebut. Melalui mereka, Anda tidak hanya akan berbagai ilmu dan wawasan baru melainkan juga saling berbagai motivasi dan dukungan.

Didukung orang disekitar tidak hanya sahabat, komunitas, atau para ahli yang memberi materi dan pelatihan di lembaga yang Anda pilih saja ternyata belum cukup. Menyadari bahwa semua perubahan ternyata harus dimulai dari diri sendiri ternyata juga menjadi bagian dari cara menjadi instruktur training atau trainer yang hebat yang terakhir. Mungkin, Anda memilih lembaga pelatihan dengan tenaga pengajar atau mentor orang-orang terkenal dengan materi-materi berkualitas yang dimilikinya. Namun, apa yang mereka sampaikan tidak akan ada artinya jika Anda tidak mau melaksanakannya.

Mungkin, Anda melihat prosesnya begitu panjang dan tidak terbayangkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan serta ilmu yang harus kita terima dan hafalkan. Namun, ketika ilmu tersebut diaplikasikan, Anda akan merasa terbiasa dan lebih ringan karena semua materinya dihapalkan dengan cara dipraktekan langsung. Menjadi seorang trainer pun tentu akan dibayar dan semua biaya yang Anda keluarkan dengan segera bisa cepat terganti.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.