Cara Membangun dan Mempertahankan Loyalitas Karyawan

Karyawan merupakan salah satu aset penting dari sebuah perusahaan karena ketika perusahaan tersebut berdidi tanpa memiliki karyawan, hal ini pastinya tidak akan bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan. Namun, dalam hal ini, karyawan berkedudukan sebagai salah satu intangible asset yang mana pengukuran terhadap karyawan bisa dilihat dari loyalitas yang dimiliki terhadap perusahaan.

Dan, loyalitas karyawan itu sendiri merupakan suatu nilai yang tidak bisa diukur secara pasti bahkan dalam bentuk ukuran uang sekalipun seperti gaji yang besar ataupun bonus lainnya.

Untuk bisa mempertahankan dan memajukan perusahaan, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah membangun serta mempertahankan loyalitas yang dimiliki karyawan terhadap perusahaan tersebut. Dengan semakin banyknya karyawan yang memiliki loyalitas tinggi, hal ini akan semakin menunjang produktivitas perusahaan juga akan semakin baik. Demikian juga sebaliknya, ketika loyalitas karyawan menajdi rendah, perusahaan mungkin akan mengalami suatu kendala dalam proses produktivitas terutama ketika banyak karyawan yang keluar dan masuk perusahaan.

Bila Anda inginmembangun serta mempertahankan loyalitas karyawan terutama mereka yang memiliki komitmen dan prestasi yang bagus untuk perusahaan, Anda sebaiknya memahami beberapa cara untuk melakukan hal tersebut.

Pertama, Anda sebaiknya senantiasa melibatkan karyawan dalam mengambil suatu keputusan. Hal ini mungkin sudah sangat jarang terjadia saat ini karena banyak petinggi perusahaan yang menganggap bahwa peran dari karyawan adalah sebagai eksekutor teknis semata.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Ini merupakan pemikiran yang kurang tepat karena memberikan ruang bagi karyawan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kelangsungan roda perusahaan bisa menjadi sebuah jalan untuk membangun serta mempertahankan loyalitas karyawan di perusahaan tersebut.

Karyawan akan merasa bahwa ide serta pendapat yang dimiliki berharga dan berguna bagi kelangsungan perusahaan. Dan, ketika ide ataupun pendapat dari karyawan diterima dan disetujui untuk dilaksanakan, ini bisa membangun loyalitas yang tinggi pada karyawan tersebut.

Langkah kedua adalah melakukan knowledge sharing atau berbagi ilmu antar karyawan. Dalam kegiatan ini ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Karyawan bisa melakukan pertukaran pengalaman yang dimiliki terkait masalah, solusi, serta pengetahuannya dengan karyawan lainnya. Dengan kegiatan ini, karyawan bisa lebih memperkaya ketrampilan dan pengetahuan termasuk dalam mengatasi berbagai kendala dan masalah yang dihadapi selama ini. Sesi ini juga bisa dijadikan sebuah ajang untuk membangun kerja tim yang semakin solid yang mana tim kerja yang solid akan sangat berpotendi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan tersebut.

Cara selanjutnya dalam membangun dan mempertahankan loyalitas karyawan adalah dengan memberikan apresiasi yang sesuai. Banyak dijumpai perusahaan yang kurang memberikan apresiasi dan penghargaan kepada karyawannya. Padahal, ini merupakan salah satu hal yang diharapkan karyawan ketika mereka telah memberikan kontribusi dan pencapaian untuk kemajuan perusahaan tersebut.

Apresiasi yang dimaksudkan di sini bukan melulu tentang bonus intensif yanbg diwujudkan degan uang ataupun barang. Perusahaan bisa memberikan apresiasi dalam bentuk lainnya seperti waktu liburan ataupun cuti tambahan bagi karyawan dengan prestasi yang memuaskan. Meskipun hal ini sepertinya sepele namun rupanya apresiasi dengan memberikan waktu libur lebih bisa memberikan banyak manfaat untuk kualitas kerja dan loyalitas karyawan tersebut terhadap perusahaan.

Cara lain untuk membangun serta mempertahankan loyalitas perusahaan adalah dengan mengadakan sesi in house training yang mana dalam hal ini perusahaan mendatangkan trainer dari luar perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan kemampuan karyawan. Melalui trainer tersebut, karyawan bisa belajar dan memahami banyak hal sehingga ketrampilan yang dimiliki bisa semakin dikembangkan dan suasana pelatihan juga menjadi lebih baik. Melalui sesi ini, karyawan juga akan merasa lebih dihargai di perusahaan karena diberikan ruang lebih bagi mereka untuk bisa berkembang.

Untuk meningkatkan rasa loyal karyawan di sebuha perusahaan juga bsia dnegan cara memberikan promosi kepada karyawan tersebut. Cara ini bisa dilakukan kepada karyawan dengan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan.

Keberadan karyawan tersebut biasanya memiliki peran yang sangat penting di perusahaan sehingga perusahaan tidak ingin ia keluar dari perusahaan yang akhirnya akan mengganggu kualitas dna kinerja perusahaan. Dengan memberikan promosi, hal ini bisa memberikan sebuah tantangan bagi karyawan yang bersangkutan untuk mengeluarkan kemampuan dan kinerja terbaiknya tanpa perlu memikirkan tentang keluar atau pindah dari perusahaan tersebut. Promosi ini juga bisa memberikan tambahan secara finansial bagi karyawan.

Bila Anda ingin membangun dan mempertahankan loyalitas karyawan, Anda sebaiknya memberikan waktu khusus untuk mengadakat outing kantor ataupun family gathering. Kegiatan ini bisa dilakukan secara menyeluruh elemen perusahaan ataupun dari satu bagian perusahaan saja. Kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang nantinya akan membangun rasa loyal karyawan terhadap perusahaan tersebut. Melalui kegiatan ini, karyawan bisa membangun hubungan dengan sesama dengan lebih baik karena hubungan interpersonal dalam lingkungan kerja bisa memberikan rasa nyaman dan betah untuk bekerja di perusahaan.

Kegiatan gathering dan outing kantor ini mungkin akan membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga beberapa perusahaan masih engan untukmelakukan kegiatan ini. Namun, Anda sebaiknya memahami bahwa dampak dari kegiatan gathering ini sangat besar dalam membangun loyalitas karyawan yang nantinya akan sangat berperan untuk memajukan perusahaan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Perusahaan tanpa adanya karyawan tentu apalah artinya karena hal ini tentu sangat mustahil untuk membawa perusahaan tersebut ke gerbang kesuksesan. Demikian juga seorang karyawan yang tidak memiliki pemimpin perusahaan tentu juga tidak ada gunanya karena tidak memiliki arah dan tujuan untuk mencapai keberhasilan.

Hubungan keduanya merupakan sebuah hubungan yangs aling menguntungkan sehingga hendaknya hubungan keduanya bisa dibangun dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan membangun dan mempertahankan loyalitas karyawan dengan landasan keikhlasan dan rasa saling percaya untuk bisa mencapai tujuan dan target yang diharapkan menuju ke arah yang lebih baik tentunya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!