Cara Melaksanakan Pelatihan Karyawan dan Pelatihan SDM dengan Efektif

Untuk mengembangkan kemampuan karyawan ataupun membentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas, perusahaan hendaknya mempersiapkan suatu pelatihan karyawan yang bagus.
Penyelenggaraan pelatihan karyawan memang sangat penting untuk diadakan mulai dari pelatihan yang dilaksanakan secara rutin dan berkala ataupun secara spontan sesuai dengan kebutuhan.

Pelatihan ini erat kaitannya dengan hasil dan kinerja karyawan di sebuah perusahaan. Meskipun pelatihan karyawan berperan sangat penting, pengadaan pelatihan bagi karyawan sebaiknya direncakan secara bagus mulai dari budget dan anggaran dana untuk melakukan program pelatihan, waktu dan lokasi, termasuk juga materi pelatihan yang akan disampaikan kepada karyawan.

Pelatihan karyawan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kinerja, ketrampilan yang disesuaikan dengan job dan tugasnya serta pembangunan mental yang kuat dalam menghadapi persaingan yang kuat di dalam perusahaan. Beberapa tujuan mengapa pentingnya mengadakan pelatihan karyawan adalah sebagai berikut:

Penyelenggaraan pelatihan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan kerja serta ketaatan moral dalam bekerja. Selain itu dengan adanya program pelatihan karyawan tersebut diharapkan juga bisa meningkatkan pemahaman karyawan terhadap nilai-nilai pekerjaan. Pelatihan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam melakukan suatu inovasi dalam berstrategi demi kemajuan dan pembangunan perusahaan.

Pelatihan karyawan juga bisa memberikan pemahaman bagi karyawan tentang informasi yang perlu disampaikan kepada perusahaan, kebijaksanaan dan peraturan yang diterapkan perusahaan, dan prosedur serta sistem pelaksanaan tugas kerja.

GRATIS - Ebook Super tentang Strategi Pengembangan SDM dan Karyawan. Download sekarang.

Sebagaimana yang seringkali terjadi di berbagai perusahaan yang melakukan penjaringan tenaga kerja baru melalui seleksi latar belakang pendidikan, hal ini memang bukanlah jaminan bahwa karyawan dengan pendidikan tertentu memiliki skill dan kinerja yang sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan. Banyak SDM sebagai karyawan di perusahaan yang menduduki sebuah jabatan namun tidak memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Bagi karyawan baru tersebut membutuhkan suatu pelatihan khusus untuk menggali potensi dan mengembangkan kemampuan diri sesuai dengan standar dan kualifikasi dari perusahaan.

Selain itu, dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi seringkali membawa pengaruh terhadap peningkatan dan pelatihan SDM yang ada di perusahaan tersebut. Beberapa jabatan dan pekerjaan yang dulu dirasa tidak diperlukan, kini mulai mendapatkan perhatian bahkan menduduki jabatan yang penting untuk diadakan. Untuk membekali karyawan yang mampu bekerja dalam bidang tersebut, perusahaan bisa mengadakan suatu pelatihan karyawan yang bagus dan berkualitas. Pelatihan ini akan membantu untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan kemampuan guna memenuhi kualifikasi untuk standard pada jabatan yang dibutuhkan.

Dalam menjalankan pelatihan bagi karyawan, perusahaan biasanya memiliki Manajer Pelatihan SDM yang memang bertugas dalam merencanakan, mengkoordinir, menyelenggarakan, hingga mengevaluasi pelatihan karyawan di perusahaan tersebut. Manajer Pelatihan tersebut juga bertanggung jawab dalam merencanakan dan mempersiapkan materi pelatihan yang efektif dan berkualitas agar pelaksanaan pelatihan tersebut bisa memenuhi target dan harapan perusahaan.

Kebanyakan perusahaan biasanya memberikan program pelatihan khusus bagi karyawan baru di awal masuk kerja.

Pelatihan karyawan yang bagus dan berkualitas yang diselenggarakan di awal masuk kerja biasanya bertujuan untuk membekali para karyawan baru tersebut tentang berbagai informasi tentang perusahaan, tugas dan tanggung jawabnya, ataupun untuk lebih menyiapkan karyawan tersebut memasuki dunia kerja yang penuh dengan persaingan dan membutuhkan mental kuat dan tangguh. Pelatihan yang diberikan juga bisa berbentuk kursus ataupun masa percobaan dengan beberapa tugas yang telah diatur dan direncanakan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai keberhasilan dalam program pelatihan karyawan yang berkualitas antara lain adalah adanya sasaran pelatihan, mentor ataupun pelatih, materi pelatihan, metode pelatihan, dan peserta pelatihan itu sendiri.

Kelima komponen tersebut tentunya saling berkaitan untuk bisa mencapai pelatihan yang sukses dan sesuai dengan target perusahaan sehingga dalam menyelenggarakan pelatihan hendaknya dipersiapkan dan direncanakan secara matang.

Dengan melihat betapa pentingnya penyelenggaraan program pelatihan bagi karyawan, berikut ini merupakan tips yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan program pelatihan. Untuk mempersiapkan program pelatihan karyawan bisa dimulai dengan melakukan inventarisasi kebutuhan pelatihan pada perusahaan tersebut sehingga pelatihan yang dilaksanakan akan sesuai dengan kebutuhan dan target.

Selain itu, pelatihan yang direncanakan sebaiknya juga memiliki target karyawan yang tepat untuk program tersebut. Pemilihan mentor ataupun pelatih juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Memilih mentor yang memiliki kualitas bagus akan membuat pelatihan tersebut memberikan lebih banyak manfaat bagi karyawan dan perusahaan.

Karyawan merupakan Sumber Daya Manusia sekaligus aset penting bagi perusahaan sehingga memiliki karyawan yang berkualitas baik secara skill ataupun mental memang sangat penting untuk dimiliki setiap perusahaan agar perusahaan bisa berkembang dan maju dengan baik.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Tentu saja, untuk bisa mendapatkan karyawan yang berkualitas juga membutuhkan suatu proses. Salah satunya adalah dengan pengadaan pelatihan karyawan yang bagus dan berkualitas. Pelatihan tersebut tentu tidak hanya untuk menjadikan karyawan memiliki kualitas dan kinerja yang bagus tetapi juga memiliki mental dan perilaku yang berkualitas.

Pelatihan yang diberikan bagi karyawan bisa dengan metode yang beragam mulai dari metode demonstrasi, seminar, ataupun dengan melakukan metode outbound. Di antara ketiga metode tersebut, metode yang terakhir yaitu metode outbound merupakan salah satu metode yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam membangun perusahaan menjadi lebih baik. Metode ini biasanya tidak hanya memberikan pelatihan kepada karyawan secara perseorangan tetapi juga mempersiapkan para karyawan untuk bisa bekerjasama dengan baik secara tim.

Perusahaan bisa melakukan pelatihan karyawan yang bagus dan berkualitas secara berkala ataupun menyesuaikan dengan kebutuhan. Manajer Pelatihan sebagai penanggung jawab dari pelaksanaan pelatihan hendaknya selalu melakukan update informasi terbaru terkait dengan hal-hal yang berguna untuk pengembangan kemampuan dan ketrampilan karyawan dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan nantinya sehingga program pelatihan yang dilaksanakan juga bisa bermanfaat dan mencapai target sebagaimana yang dibutuhkan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.